< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

6 Manfaat Kacang Arab bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Tribrata

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda pernah mengonsumsi ? Ya, orang Indonesia banyak mengonsumsi kacang ini jika mendapat oleh-oleh dari keluarga atau kerabatnya yang telah pulang dari berhaji di Arab Saudi.

Mungkin Anda hanya tahu bahwa kacang arab berwana krem. Ternyata, kacang ini juga ada yang berwarna hitam, cokelat, dan merah. Kacang arab pertama kali tumbuh di daerah Timur Tengah dan terkenal dengan sebutab chickpea atau kacang garbanzo.

Kacang arab disukai banyak orang karena rasanya lezat. Tak hanya rasanya unik, kacang arab juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kacang ini bisa dikonsumsi oleh anak-anak di atas lima tahun hingga orang tua.

Namun, kacang bernama latin Cicer Arietinum ini tidak boleh dikonsumsi mentah secara langsung. Kacang arab harus dimasak telebih dahulu seperti dipanggang atau dioven, dikukus, serta disangrai.

Menurut laporan Mag for Women, kacang arab merupakan sumber energi, protein, magnesium, lemak tak jenuh, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin C.

Selain itu, juga memiliki kandungan vitamin K, folat, seng, tembaga, mangan, kolin, serat, dan bebas gluten. Semua kandungan tersebut tentu diperlukan dan bermanfaat bagi kesehatan seperti berikut.

1. Manfaat Kacang Arab: Menurunkan Berat Badan

[Fimela] Ilustrasi Berat Badan

Berat badan.

Kacang arab mengandung serat larut dan tidak larut di dalamnya yang dapat membantu menurunkan berat badan. Kacang ini sangat cocok dijadikan menu diet sehat bagi Anda yang ingin menjaga berat badan tetap ideal.

Kandungan serat larut ini juga bermanfaat untuk membantu mengontrol kesehatan empedu dan serat tidak larut mampu meningkatkan kesehatan dan kebersihan pencernaan. 

Kebersihan dan lancarnya pencernaan akan bermanfaat bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan sebab mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Serat dalam kacang arab juga bisa membantu mencegah sembelit atau sulit buang air besar (BAB) dan meningkatkan kelancaran sistem saluran pencernaan. 

2. Manfaat Kacang Arab: Mencegah Penyakit Jantung

serangan jantung

Berbeda dengan mereka yang lanjut usia, serangan jantung pada orang muda bukan disebabkan kadar kolesterol buruk yang tinggi.

Kacang arab mengandung serat, potasium, vitamin C, dan vitamin B-6 untuk mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan. Kandungan serat itulah yang akan menurunkan jumlah kolesterol total dalam darah, sehingga mencegah penyakit jantung.

Sebab, kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi dapat menyebabkan seseorang terkena serangan jantung dan stroke.

Anda dianjurkan mengonsumsi kacang arab untuk menurunkan kolesterol jahat pada darah. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari serangan jantung, penyakit jantung koroner, hingga stroke.

3. Manfaat Kacang Arab: Membantu Mengobati Diabetes

Cegah Diabetes dengan Deteksi Dini

Cegah Diabetes dengan Deteksi Dini

Menurut laporan Healthline, kacang-kacangan memiliki kemampuan mengontrol kadar gula darah, tak terkecuali kacang arab. Dengan begitu, kacang arab dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Kacang arab sangat dianjurkan untuk pasien diabetes karena mengandung protein, dan serat cukup tinggi. Kacang jenis ini juga memiliki kandungan magnesium cukup tinggi yang berfungsi mengontrol gula darah dalam tubuh. Kacang arab juga mengandung hampir setengah dari jumlah magnesium yang dibutuhkan tubuh.

4. Manfaat Kacang Arab: Menurunkan Risiko Kanker

Kanker

Pengobatan kanker stadium 4.

Kandungan dalam kacang arab sangat baik bagi saluran pencernaan serta akan berperan sebagai antivirus, antialergi, dan antikanker. Saat dikonsumsi, kacang ini akan berperan sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab kanker.

Kacang arab mengandung fitokimia yang mampu bertindak sebagai zat antioksidan. Senyawa ini juga akan menurunkan risiko kanker payudara, melindungi dari risiko osteoporosis, serta mencegah menopause dini.

5. Manfaat Kacang Arab: Menjaga Kekuatan Tulang

Tulang Kuat

Tulang Kuat.

Kacang arab mengandung banyak nutrisi seperti vitamin K, zat besi, fosfat, kalsium, magnesium, mangan, dan seng yang berperan untuk membangun dan mempertahankan struktur dan kekuatan tulang.

Kandungan Vitamin K dalam kacang arab juga memiliki peran yang cukup penting untuk kesehatan tulang yang baik karena meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi kalsium dalam urin. Faktanya, asupan vitamin K yang rendah dikaitkan dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi.

6. Manfaat Kacang Arab: Meningkatkan Kinerja Otak

Sakit Kepala Pertanda Tumor Otak,  Mitos atau Fakta?

Sakit Kepala Pertanda Tumor Otak, Mitos atau Fakta?

Otak merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang perlu dijaga kesehatannya. Anda bisa menjaga kesehatan dan meningkatkan kinerja otak dengan mengonsumsi kacang arab.

Kandungan nutrisi dalam kacang arab dapat membantu mengurangi kerusakan oksidatif dan peradangan pada otak. Sebuah hasil penelitian menyarankan untuk mengonsumsi kacang kenari untuk meningkatkan kinerja otak dan melatih konsentrasi.

Kacang arab juga mengandung nutrisi yang dapat membantu melindungi otak Anda dari peradangan dan mendukung fungsi otak yang baik seiring bertambahnya usia.

Sumber: Mag for Women, Healthline

Lanjutkan Membaca ↓

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!