Buah naga merupakan buah tropis yang dikenal karena kulit merahnya yang cerah. Buah naga sendiri merupakan buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus, serta berasal dari negara Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Bertekstur kasar, berbintik, dan punya daging yang manis. Penampilannya yang unik membuatnya jadi populer di kalangan pecinta kuliner.

Meski berasal dari negara tropis, namun saat ini buah naga sudah bisa dijumpai di mana saja. Mulai dari pasar tradisional hingga supermarket. Buah naga ini juga populer di Tanah Air. Rasanya yang manis, membuat buah naga populer jadi buah yang bisa dijadikan kudapan setelah makan. Sebab buah naga punya kandungan serat tinggi, yang bisa membantu memperlancar pencernaan.

Selain itu, buah yang satu ini juga kaya akan manfaat untuk kesehatan. Buah naga kaya akan antioksidan seperti flavonoid, asam fenolik, dan betacyanin. Zat alami ini melindungi sel-sel dari kerusakan oleh radikal bebas, molekul yang dapat menyebabkan penyakit seperti kanker dan penuaan dini.

Selain beberapa manfaat tadi, buah ini punya manfaat banyak lainnya. Cara mengonsumsi buah naga sangat mudah. Kamu hanya perlu membelah buahnya dan kemudian mengambil dagingnya. Kamu juga bisa menjadikan buah naga sebagai minuman jus yang segar.

Berikut beberapa manfaat dari buah naga untuk kesehatan, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (2/12).


1. Tinggi nutrisi.

foto: pixabay.com



Buah naga rendah kalori tetapi kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman bermanfaat seperti polifenol, karotenoid, dan betacyanin.


2. Membantu mengatasi penyakit kronis.

foto: pixabay.com



Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang menyebabkan kerusakan sel, yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah naga.

Antioksidan pada buah naga bekerja dengan menetralkan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan sel dan peradangan. Buah naga mampu membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes dan radang sendi.


3. Penuh serat.

foto: pixabay.com



Manusia setidaknya membutuhkan 25 gram serat per hari untuk wanita dan 38 gram untuk pria. Dengan 7 gram per porsi satu cangkir buah naga, bisa jadi sumber makanan lengkap yang sempurna.

Selain untuk memperlancar pencernaan, serat juga dapat berperan dalam melindungi tubuh terhadap penyakit jantung, mengelola diabetes tipe 2, dan mempertahankan berat badan yang sehat.


4. Menyehatkan usus.

foto: pixabay.com



Usus adalah rumah bagi sekitar 100 triliun mikroorganisme yang beragam, termasuk lebih dari 400 spesies bakteri baik. Apabila terjadi ketidakseimbangan bakteri baik di usus, hal itu akan mempengaruhi kesehatan.

Mengingat buah naga mengandung prebiotik, ia berpotensi meningkatkan keseimbangan bakteri baik dalam usus. Prebiotik adalah jenis serat spesifik yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat di usus.


5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh.

foto: pixabay.com



Kemampuan tubuh untuk melawan infeksi ditentukan oleh beberapa faktor, salah satunya kualitas makananmu. Vitamin C dan karotenoid dalam buah naga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi. Caranya dengan melindungi sel darah putih dari kerusakan.

2 dari 3 halaman




6. Meningkatkan zat besi.

foto: pixabay.com



Buah naga adalah salah buah segar yang mengandung zat besi. Zat besi memainkan peran penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Zat besi juga berperan penting dalam memecah makanan menjadi energi. Untuk memerangi kadar zat besi rendah, penting untuk mengonsumsi berbagai makanan kaya zat besi. Sumber zat besi dapat didapatkan dari daging, ikan, kacang-kacangan, sereal, dan juga buah naga.


7. Sumber magnesium.

foto: pixabay.com



Buah naga menawarkan lebih banyak magnesium daripada buah-buahan lain. Rata-rata, tubuhmu mengandung membutuhkan 24 g magnesium, atau kira-kira satu ons.

Kamu bisa mendapatkan sumber magnesium salah satunya dari buah naga. Buah naga adalah sumber magnesium, nutrisi yang dibutuhkan untuk lebih dari 600 reaksi biokimia dalam tubuh.


8. Membantu mengurangi berat badan.

foto: pixabay.com



Dengan mengonsumsi buah naga, membuat perutmu merasa kenyang lebih cepat. Selain itu buah naga juga kaya akan serat, yang membantu memperlancar buang air besar. Lemak yang ada di dalam tubuh akan dicerna dengan baik.


9. Camilan sehat sehat.

foto: pixabay.com



Buah naga juga dikenal sebagai camilan yang sehat. Dari pada makan makanan yang kurang sehat, lebih baik mengonsumsi buah merah ini.

Dengan mengonsumsi buah naga secara teratur, akan membuat perutmu terus merasa kenyang tanpa takut tubuh akan melar.


10. Membantu proses detoksifikasi.

foto: freepik.com



Buah naga dikenal sebagai antioksidan tinggi. Kandungan ini dikenal bisa mengurangi radikal bebas dalam tubuh. Sehingga tubuh dapat mengeluarkan racun dengan lancar.


11. Mampu mencegah kanker prostat.

foto: freepik.com



Buah naga mengandung lycopene, yang dapat membantu mencegah risiko terkena kanker prostat. Buah naga juga kaya akan antioksidan hytoalbumin, membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh.

Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, serta yang membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan kanker.

3 dari 3 halaman




12. Mampu mencegah diabetes.

foto: freepik.com



Buah naga yang mampu mengurangi berat badan dan mempelancar pencernaan, sifat antioksidannya ini juga berfungsi untuk mencegah diabetes melitus.

Penyakit yang disebabkan karena pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Buah naga juga aman bagi penderita diabetes karena kadar gulanya yang sangat kecil.


13. Mampu mencegah penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

foto: freepik.com



Lycopene pada buah naga berfungsi sebagai pencegah kanker. Dan juga berfungsi sebagai penurun tekanan darah serta mencegah penyakit jantung.

Karena biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan gangguan kardiovaskular.


14. Meningkatkan nafsu makan.

foto: freepik.com



Buah naga mengandung Vitamin B1 dan B2. Dua vitamin ini dapat menambah nafsu makan menjadi meningkat. Cukup mengganti makanan sehari-hari dengan buah naga yang juga mengenyangkan tanpa takut tubuh melar.


15. Membantu meringankan batuk dan asma.

foto: freepik.com



Biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan gangguan respirasi. Cocok untuk membantu penderita asma atau batuk tidak berhenti-berhenti.


16. Mencegah keguguran dan kelahiran prematur.

foto: freepik.com



Khusus untuk ibu hamil, kandungan asam folat yang ada pada buah naga sangat baik untuk janin. Nggak hanya untuk tumbuh kembangnya saja, tapi juga mencegah risiko keguguran dan bayi lahir prematur.


17. Memperkuat tulang dan gigi.

foto: freepik.com



Buah naga mengandung mineral, yaitu magnesium, kalsium, dan fosfor. Tiga kandungan ini dapat memperkuat tulang dan gigi. Buah naga juga baik dikonsumsi para ibu hamil. Untuk mencegah pengeroposan tulang.




Recommended By Editor