< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Penelitian Mengungkap Manfaat Ekstrak Daun Nangka untuk Diabetes

Genpi

GenPI.co - Esktrak daun nangka disebut bisa mengatasi masalah diabetes. Caranya sangat mudah. Cukup rebus daun nangka, masalah diabetes Anda akan teratasi.

Hal ini terungkap dari publikasi yang dikeluarkan Nature Word. Dari hasil penelitian, daun nangka disebut bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Hal itu akan berdampak positif pada kesehatan jantung.

Penelitian menunjukkan manfaat daun nangka untuk penyembuhan luka borok karena diabetes. Ekstrak daun nangka berbasis metanol terbukti memiliki aktivitas penyembuhan luka yang sebanding dengan antiseptik. Ekstrak daun nangka etil asetat bisa untuk perbaikan kulit. Mineral dalam ekstrak daun nangka (seng, mangan, tembaga, dan besi) membantu proses pertumbuhan dan replikasi sel.


Turunkan Kadar Gula Darah

Ekstrak air daun nangka berbasis alkohol telah ditemukan memiliki efek hipoglikemik yang signifikan. Efek ini bisa mengurangi kadar gula darah pasca makan. Penelitian pada hewan dilakukan pada tikus normoglikemik dan tikus diabetes yang diinduksi streptozotocin. Hasilnya menunjukkan ada efek sebagai penurun gula darah.

Sebagai hasil dari efek penurun gula darah, ekstrak daun nangka (berbasis air dan etil asetat) membantu meningkatkan toleransi terhadap glukosa. Hal itu menurut penelitian pada hewan yang dilakukan pada tikus diabetes dan non-diabetes. Ekstrak daun telah terbukti meningkatkan toleransi glukosa pada manusia juga.

Tips Memilih Daun Nangka

Sebaiknya daun dewasa bukan daun yang masih muda. Kemudian disarankan tak dimakan langsung tetapi dengan mengambil ekstraknya atau merebusnya. 

Manfaat untuk mengatasi diabetes terbukti pada penelitian, tetapi belum ada pengobatan yang dirumuskan dalam uji klinis. Disarankan tetap berkonsultasi pada dokter sebelum mengonsumsinya. (*)

Video viral hari ini:


LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!