< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Daun Kelor Kaya Manfaat Untuk Kesehatan

Harianbernas
Ilustrasi Daun Kelor. (istimewa)

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Moringa Oleifera atau yang sering kita kenal dengan daun kelor, memiliki kandungan antioksidan, asam amino, vitamin, dan mineral. Daun ini berasal dari India dan sudah digunakan sebagai obat tradisional sejak ribuan tahun yang lalu. 

Daun kelor memiliki banyak kandungan manfaat yang baik bagi tubuh, sehingga dapat juga digunakan sebagai penyembuhan masalah kesehatan. Berikut beberapa manfaat daun kelor bagi kesehatan dan pengobatan : 

Mencegah Peradangan

Kandungan asam amino, filonutrien karotenoid, dan antioksidan yang ada di dalam daun kelor dapat bekerja sebagai antiperadangan di dalam tubuh. Daun kelor memiliki banyak kandungan senyawa antipenuaan yang dapat menurunkan stres oksidatif dan peradangan. Tentu saja, kandungan-kandungan yang ada di dalam daun kelor tersebut dapat bermanfaat bagi tubuh, seperti mengurangi resiko penyakit kanker, hipertensi, dan gangguan mata.

Melindungi Hati

Daun kelor mengandung polifenol yang mampu melindungi hati dari oksidasi, toksisitas, dan kerusakan. Minyak dari daun kelor juga dapat menjaga enzim hati sehingga fungsi hati dapat terjaga dalam melakukan pemrosesan metobolism di dalam tubuh. Tidak hanya itu, daun kelor juga dapat meningkatkan kandungan protein di hati, sehingga hati kita dapat terjaga kesehatannya.

Memenuhi Asupan Nutrisi Untuk Anak

Kandungan vitamin C dan A pada daun kelor dapat memenuhi kebutuhan nutrisi pada anak. Tidak hanya kaya kandungan vitamin, tetapi daun kelor juga kaya akan zat besi, serat, potasium, dan mineral. Kandungan-kandungan yang terdapat di dalam daun kelor tersebut akan membantu proses tumbuh kembang anak.

Baik Untuk Pertumbuhan Tulang

Kandungan kalsium pada daun kelor empat kali lebih besar dibandingkan pada susu. Orangtua sangat dianjurkan untuk memberi asupan daun kelor pada anak untuk membantu pertumbuhan tulang agar lebih maksimal.

Mencerdaskan Otak

Asam folat dan asam amino yang ada pada daun kelor dapat memunuhi kebutuhan nutrisi otak. Selain itu, kandungan vitamin C dan E yang ada di dalam daun kelor juga dapat mengoptimalkan kerja otak, sehingga kesehatan otak kita dapat terjaga.

Mengobati Cacingan

Daun kelor juga dapat digunakan sebagai obat cacingan. Kandungan nutrisi di dalamnya dapat membantu membersihkan dan menghilangkan cacingan di usus.

(Dian Lauis Devita Z, Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni, Jurusan PBSI, Universitas Negeri Yogyakarta)

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!