< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

6 Manfaat Santan Bagi Kesehatan, Bisa Turunkan Kolesterol

Merdeka
6 Manfaat Santan Bagi Kesehatan, Bisa Turunkan Kolesterol
Santan. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/Africa Studio

Merdeka.com - Manfaat santan bagi kesehatan memang jarang diketahui banyak orang. Tidak hanya buahnya saja, ternyata santan dari kelapa juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Santan adalah cairan berwarna putih susu berasal dari parutan daging kelapa tua yang sebelumnya dibasahi terlebih dahulu kemudian di peras dan disaring.

Selama ini santan banyak dimanfaatkan oleh ibu sebagai penyedap rasa untuk memunculkan rasa gurih dalam hidangan masakan. Santan ini juga mengandung beberapa nutrisi di dalamnya.

Santan juga dapat menjadi penambah cita rasa gurih dan juga nilai gizi, contohnya dalam abon. Di Indonesia, makanan dengan olahan berbahan santai akan sangat sering kite temui ketika momen lebaran.

Banyak yang beranggapan bahwa santan dapat memicu timbulnya penyakit serius pada tubuh. Nyatanya santan memiliki kandungan gizi lain yang justru dapat membuat Anda menjadi sehat. Berikut adalah rangkuman Merdeka.com tentang manfaat santan bagi kesehatan dari beberapa sumber:

1 dari 6 halaman

Menurunkan Kolesterol

Tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya santan yang murni dan belum diolah dengan campuran bahan lain ternyata tidak mengandung kolesterol tinggi. Santan yang menyebabkan kadar kolesterol naik adalah santan yang sudah tercampur dengan bahan-bahan yang lain ketika dimasak.

Namun tahukah Anda? ternyata santan murni justru sebenarnya dapat menurunkan kadar kolesterol yang Anda punya. Tidak hanya itu, santan juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik Anda.

2 dari 6 halaman

Menurunkan Berat Badan

Banyak sekali yang beranggapan bahwa santan menjadi penyebab dari gemuknya badan. Memang benar, akan tetapi itu jika santan sudah dikonsumsi dengan campuran lain yang mengandung karbohidrat tinggi. Namun hal ini tidak berlaku pada santan murni.

Santan murni ternyata mampu menekan rasa lapar yang akan terjadi pada Anda. Santan murni juga akan mencegah Anda untuk berkeinginan makan makanan yang mengandung lemak.

3 dari 6 halaman

Meningkatkan Imun

Santan memiliki manfaat yang jarang diketahui, salah satunya adalah dapat membantu Anda menjaga kekebalan tubuh atau sistem imun, hal ini akan membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit yang akan menyerang.

Sebab, santan ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, santan murni juga mengandung asam kaprat, asam laurat serta antimikroba yang berfungsi menjadi penangkal virus dan bakteri yang dapat menyerang dan menyebabkan misalnya flu.

4 dari 6 halaman

Menyehatkan Kulit

Manfaat yang dimiliki santan untuk kesehatan yang lain adalah menyehatkan kulit. Tahukah Anda? Santan ternyata mengandung nutrisi yaitu vitamin E, vitamin C, vitamin B6 dan zat besi. Ini sangat baik untuk kesehatan kulit Anda.

Santan memiliki khasiat tinggi untuk melembapkan kulit secara alami, mencegah penuaan dini hingga mencegah adanya jerawat timbul di wajah Anda. Tidak hanya bisa dikonsumsi, namun santan juga bisa digunakan menjadi masker.

5 dari 6 halaman

Baik untuk Tulang

Selanjutnya, santan juga sangat baik dan penting untuk tulang Anda. Tidak selalu harus mengonsumsi susu untuk menjaga tulang Anda, ternyata santan memiliki manfaat yang sama untuk kesehatan tulang Anda. Dengan meminum santan murni dapat membantu Anda untuk menurunkan risiko dari berbagai penyakit seperti patah tulang, rematik, dan osteoporosis.

6 dari 6 halaman

Mencegah Diabetes

Santan ternyata mengandung asam lemak yang dapat membantu untuk memperlambat lajunya gula dalam darah. Sehingga santan dapat membantu mencegah kadar gula darah Anda naik. Dengan begitu santan ini akan mengurangi risiko timbulnya diabetes di tubuh Anda.

[bil]
LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!