< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Selain Enak, Manfaat Buah Nangka juga Mujarab Usir Penyakit

Harapan-rakyat
manfaat buah nangka
Buah nangka. Foto: Ist/Net

Manfaat buah nangka untuk kesehatan ternyata tak kalah manis dibandingkan rasanya. Buah nangka dengan dagingnya yang tebal dan rasanya yang manis sangat disukai semua orang.

Selain dimakan langsung, buah ini juga cocok untuk campuran es buah, dibuat jus, selai, hingga dibuat kue. Bahkan sifat buah musiman ini yang mudah rusak lantas mendorong kreasi keripik nangka sebagai oleh-oleh.

Dibalik rasanya yang lezat, manfaat buah nangka juga didukung nutrisinya yang kaya. Diantarnya kalori, protein, karbohidrat, vitamin A, C, E, B1 (Thiamine), B2 (Riboflavin), B3 (Niacin), B5 (Panthothenic acid), B6 (Pyridoxine), dan B9 (Folat).

Kandungan buah nangka lainnya adalah banyak air dan serat, rendah lemak serta beragam mineral yang penting untuk kesehatan tubuh. Seperti kalsium, potassium (kalium), magnesium, fosfor, zat besi, sodium, dan seng (zinc).

Manfaat Buah Nangka bagi Tubuh

Beragamnya nutrisi dalam buah berwarna kuning tebal ini membuatnya sangat baik untuk kesehatan. Nah, berikut ini beragam manfaat buah nangka bagi tubuh yang sebaiknya anda tahu.

Meningkatkan Imunitas tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi dalam buah nangka sangat penting untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Makan buah ini secara rutin mampu mengusir dan menangkal serangan infeksi.

Sebagai Sumber Energi

Dalam 100 gram buah nangka terkandung 94 Kkal kalori dan karbohidrat yang baik sebagai sumber energi tubuh. Makan buah ini setelah berpuasa atau berolahraga akan mampu mengembalikan energi tubuh dengan cepat.

Mengendalikan Diabetes

Manfaat buah nangka juga sangat baik dalam menekan risiko komplikasi pada penderita diabetes melitus. Penelitian menemukan penderita yang mengonsumsi buah ini mampu memperbaiki toleransi glukosa darahnya.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dan antioksidan dalam buah nangka berkhasiat dalam melancarkan pencernaan. Bahkan makan buah ini mampu meredakan dan mengatasi gangguan BAB atau diare.

Menangkal Serangan Kanker

Nutrisi buah nangka yangbersifat antioksidan dan kandungan fitonutrien dan flavonoid-nya berguna menghalau racun tubuh dan radikal bebas. Konsumsi buah ini mampu melindungi tubuh dari serangan kanker.

Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Manfaat buah nangka yang juga menakjubkan adalah dalam menjaga kesehatan kardiovaskular. Hal ini karena kandungan kalium dan nutrisi lain yang melancarkan sistem peredaran darah dan menjaga jantung, serta menurunkan tekanan darah.

Menjaga Fungsi Tiroid

Kandungan tembaga dalam nangka juga berguna untuk mengatasi gangguan tiroid sekaligus meningkatkan produksi dan penyerapan hormon. Ini akan melancarkan metabolisme tiroid.

Menekan Risiko Asma

Penyakit asma bisa disebabkan polusi dan radikal bebas yang menyebabkan ketidakseimbangan yang memicu asma. Makan buah nangka berkhasiat mencegah penyebab asma tersebut.

Sumber Pangan Alternatif

Manfaat buah nangka juga bisa sumber pangan alternative yang berkualitas. Hal ini karena tingginya kandungan kalori, karhidrat, dan proteinnya. Namun jangan makan buah ini berlebihan karena bisa menyebabkan gas dalam perut.

Mencerahkan Kulit dan Anti Aging

Makan buah nangka juga berfaedah untuk melindungi kkulit dari polutan dan radikal bebas. Buah ini juga berkhasiat dalam membuat kulit lebih cerah, lebih kencang, dan lebih sehat.

Manfaat Buah Nangka Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat buah nangka untuk ibu hamil juga baik karena zat besi, vitamin B3, dan mineral lainnya berguna untuk kesehatan ibu hamil. Namun ibu hamil jangan makan berlebihan.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A (Beta-Karoten) dalam buah nangka berkhasiat melindungi mata dari radikal bebas dan infeksi bakteri dan virus. Buah ini juga mampu mencegah risiko katarak dan menangkal degenerasi retina.

Manfaat Buah Nangka Menguatkan Tulang

Buah nangka kaya dengan kalsium yang berguna menguatkan tulang dan gigi, Kandungan kaliumnya juga bermanfaat mencegah hilangnya kalsium dalam ginjal. Karena itu buah ini baik untuk mencegah osteoporosis dan radang sendi.

Itulah beragam manfaat buah nangka untuk kesehatan tubuh yang sangat baik dikonsumsi secara berkala. Apalagi buah ini rasanya yang manis dan bersifat musiman sehingga tidak akan membuat bosan. (R9/HR-Online)

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!