< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Terapkan 3 J, Cara Kemal Mochtar Sukses Turunkan Berat Badan

Okezone

JAKARTA - Penyiar radio Kemal Mochtar telah sukses menurunkan berat badannya yang semula 120 kilogram menjadi 64 kilogram. Ia rutin menerapkan 3 J, yaitu jam, jenis, dan jumlah saat mengonsumsi makanan.

Penerapan 3 J dalam program diet yang dilakukan Kemal ini berdasarkan pantauan dokter. Sebab menurutnya, keinginan untuk menurunkan berat badan puluhan kilogram memang harus membutuhkan bantuan ahli.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah makan tepat waktu. Untuk sarapan, Kemal selalu memakan 2 lembar roti gandum tepat jam 8 pagi. Menjelang makan siang, tepat pada jam 10 pagi, ia mengonsumsi dua butir telur untuk mengganjal perut.

Kemal memilih makan siang pada jam 12 dan makan malam pada jam 7. Meski berdiet, dia tetap mengonsumsi nasi dan lauk. Tetapi menurutnya, jenis dan ukuran tiap makanan yang dikonsumsinya adalah berdasarkan perhitungan dokter yang telah disesuaikan dengan kondisi tubuhnya.

BERITA FOTO

"3 J, Jam, jenis, jumlah. Ini yang ngatur gue makannya apa, itu adalah dokter. Jadi apakah gue boleh makan ikan, ayam, atau daging merah, itu semuanya yang ngatur adalah dokter. Berkali-kali gue ingetin, elo harus berkonsultasi dengan dokter elo," kata Kemal seperti dikutip Okezone dari tayangan di saluran YouTube Kemal Food Channel.

Baca Juga:

Kemal Mochtar

Meski sedang berdiet, Kemal masih bisa menikmati makanan seperti biasa. Dengan catatan makanan tersebut tidak boleh mengandung santan, minyak dan mentega.

Di bobot tubuhnya yang sudah mencapai 64 kilogram, Kemal kini sudah bisa melakukan berbagai aktivitas, terutama dalam hal olahraga. Yang tadinya hanya mampu jalan kaki, kini ia sudah bisa bersepeda hingga berlari.

(aln)

BERITA FOTO

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!