< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Buah Duwet, Si Hitam yang Kaya Manfaat

Good News from Indonesia

Apakah Kawan GNFI tahu buah jamblang atau buah duwet?

Buah duwet kini mulai langka dan jarang ditemui di sekitaran lingkungan rumah ini ternyata memiliki banyak manfaat, lho. Secara ilmiah, buah duwet memiliki nama latin Syzygium Cumini yang memiliki nama-nama lain di berbagai daerah, seperti di Aceh menyebutnya dengan jambee kleng, di Riau duwet disebut dengan jambu koliong hingga di Selayar disebut dengan Rappo-Rappo. Namun, nama yang umumnya digunakan untuk buah yang memiliki warna hitam ini adalah buah duwet atau buah jamblang. Buah duwet dapat ditemui dan dibudidayakan di dataran Asia tropis hingga Australia.

Buah yang memiliki warna hitam dan berasa masam ini menyimpan beragam manfaat mulai dari cocok untuk dikonsumsi bagi penderita anemia hingga untuk penderita diabetes. Untuk lebih lengkapnya, di bawah ini adalah beberapa manfaat dari buah duwet.

Daun Buah Duwet | Foto : Wikipedia
  1. Baik untuk kesehatan gigi dan tulang

Buah duwet mengandung banyak vitamin C yang baik untuk kesehatan gigi dan gusi serta baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain mengandung vitamin C, buah duwet juga menganding kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

  1. Baik untuk kesehatan jantung

Buah duwet sebanyak 100 gram dapat mengandung 23 mg sodium dan 57 gm kalium. Kedua unsur tersebut berfungsi sebagai pengatur ketegangan otot pada jantung yang dapat mengontrol otot jantung sehingga dapat mencegah risiko timubulnya serangan jantung dan penyempitan pembuluh arteri.

  1. Mencegah diabetes

Buah duwet memiliki efek menurunkan kadar gula dalam tubuh sehingga baik untuk dikonsumsi untuk mencegah diabetes juga cocok untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Selain buah duwet, biji dan ekstraksi daunnya pun dapat dikonsumsi sebagai obat diabetes.

Buah Duwet Putih | Foto : tanamanmart
  1. Mengobati anemia

Buah duwet sebanyak 100 gram dapat mengandung 1,62 mg zat besi yang baik untuk meningkatkan jumlah sel darah merah. Oleh sebab itu, bagi Kawan GNFI yang memiliki anemia dapat mengonsumsi buah duwet untuk membantu meningkatkan sel darah merah dan hemoglobin dalam tubuh.

  1. Mencegah kanker

Buah duwet mengandung beragam senyawa flavonoid seperti asam oksalat, asam malat dan juga vitamin C yang merupakan antioksidan kuat penangkal radikal bebas salam tubuh yang berbahaya dan bisa menyebabkan kanker.

  1. Baik untuk kesehatan mata

Selain mengandung vitamin C, buah duwet juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Mengonsumsi buah duwet secara teratur sejak dini dapat mencegah terjadinya katarak dan infeksi jamur yang berbahaya bagi mata.

Manfaat-manfaat di atas tentunya akan didapatkan dengan mengonsumsi buah duwet secara teratur dan dengan cara pengolahan yang benar. Nah, perlu diketahui, buah duwet tidak hanya memiliki warna hitam, namun juga ada buah duwet dengan warna putih. Untuk dapat mengonsumsi buah duwet, Kawan GNFI dapat membelinya di pasar atau dengan menanam sendiri meskipun membutuhkan waktu yang lama untuk dapat memanen buahnya. Umumnya, buah duwet dibudidayakan dengan cara biji dan cangkok.

Semoga bermanfaat.

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!