< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Cara Menghilangkan Double Chin atau Dagu Berlipat yang Mengganggu Penampilan

Bisikan

Cara Menghilangkan Double Chin - Memiliki wajah tirus adalah dambaan setiap orang. Hanya saja, beberapa orang memiliki double chin sehingga keinginan memiliki wajah tirus tidak terwujud. Double chin itu sendiri merupakan bentuk dagu yang menumpuk dan terlihat dua tingkat. Kondisi ini disebabkan karena banyaknya lemak di bagian bawah dagu.

Double chin tentunya akan mengganggu penampilan. Seseorang yang memiliki double chin akan merasa dirinya gemuk, sehingga rasa percaya diri akan menurun. Namun, jangan khawatir double chin bisa dihilangkan. Sebelum mengetahui cara menghilangkan double chin, simak terlebih dahulu beberapa hal yang dapat menyebabkan double chin atau dagu berlipat seperti di bawah ini.

Baca Juga:

Penyebab Double Chin

Craa-menghilangkan-double-chin-1.jpg

Lipatan pada dagu menunjukan bahwa terdapat lemak berlebih yang menumpuk pada dagu. Sehingga dapat dikatakan munculnya double chin disebabkan karena kenaikan berat badan.  Namun, selain karena kelebihan berat badan, double chin juga bisa disebabkan karena beberapa kondisi yang lainnya seperti berikut ini

Kelebihan Berat Badan

Setiap orang ingin memiliki badan yang ideal dengan berat badan yang normal. Memiliki berat badan normal selain dapat meningkatkan rasa percaya diri juga akan terhindar dari masalah kesehatan yang disebabkan karena kelebihan berat badan.

Nah, kelebihan berat badan selain akan membuat badan terlihat gemuk, juga akan menimbulkan double chin. Berat badan yang berlebih atau obesitas akan meningkatkan risiko seseorang mengalami double chin. Penumpukan lemak dapat terjadi pada wajah, begitupun pada area dagu dan sekitarnya.

Usia

Masalah double chin atau dagu yang berlipat juga tidak selalu disebabkan karena penumpukan lemak di dagu. Namun, juga dapat disebabkan karena faktor usia.

Usia yang semakin bertambah akan menyebabkan keelastisan kulit kita menurun. Dimana menurunnya keelastisan kulit dapat disebabkan karena beberapa hal seperti pergerakan wajah, gaya hidup yang tidak sehat dan paparan sinar matahari dalam jangka yang panjang. ( Baca juga : Tips Mengecilkan Perut Secara Alami

)

Mengonsumsi Gula Terlalu Banyak

Banyak orang yang gemar mengonsumsi makanan manis. Nah, konsumsi makanan manis yang terlalu sering ternyata dapat menyebabkan double chin alias dagu berlipat. Apabila dikonsumsi dengan berlebihan, gula akan dapat menyebabkan cara kerja hormon, serta reaksi biokimia pada tubuh berubah. Sehingga hal ini akan dapat menyebabkan berat badan naik.

Gula yang biasanya terdapat pada makanan dan minuman olahan yaitu gula fruktosa. Dimana kelebihan gula fruktosa akan dapat menyebabkan terganggunya kadar insulin dalam tubuh. Akibatnya tubuh memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah obesitas.

Sering Mengonsumsi Junk Food

Anda hobi mengonsumsi junk food? Tidak bisa dipungkiri, jenis makanan yang satu ini disukai  banyak orang. Padahal sebenarnya, mengonsumsi makanan junk food terlalu sering menjadi salah satu penyebab munculnya double chin atau dagu berlipat.

Makanan cepat saji dan makanan yang sudah melewati proses pengolahan menjadi salah satu penyebab utama penumpukan lemak pada tubuh.  Biasanya makanan jenis ini sudah kehilangan sebagian besar nutrisi yang terkandung di dalamnya. Makanan ini hanya mengutamakan rasanya saja. Akibatnya para penggemar junk food ketagihan dan ingin terus menerus mengonsumsi makanan ini. Tanpa disadari terjadi penumpukan lemak pada tubuh, terlebih lagi pada bagian bawah dagu atau yang kita sebut dengan double chin.

Keturunan

Faktor genetik juga dapat menyebabkan double chin. Dimana genetik yang dimaksud yaitu gen yang berperan untuk mengatur keelastisan kulit, bentuk dagu yang diturunkan sampai riwayat obesitas pada keluarga.

Kecanduan Makanan

Ingin makan terus menerus akan dapat menyebabkan anda kecanduan makanan. Orang yang biasanya sudah kecanduan makanan seperti junk food dan gula akan lebih susah mengatasi rasa ingin makan terus menerus.

Mengonsumsi makanan manis dengan berlebihan akan dapat memberikan efek kecanduan pada penderitanya. Selain itu, penderitanya akan lebih sulit untuk melepaskan kebiasaan tersebut. Dibandingkan rasa ingin makan makanan enak, kecanduan makanan biasanya akan lebih sulit untuk diatasi. Sulit dikontrolnya tubuh dalam menerima makanan dapat meningkatkan risiko masalah obesitas. Sehingga kecanduan makanan yang dialami akan dapat menyebabkan masalah double chin.

Postur Tubuh

Penyebab double chin yang lainnya yaitu karena postur tubuh yang buruk. Misalkan, jika anda sering menunduk atau tidur dengan menggunakan bantal yang terlalu tinggi maka akan menyebabkan kulit di area dagu keelastisannya hilang. Kendurnya kulit leher akan mengakibatkan bagian bawah dagu terlihat berlipat.

Hormon Leptin Tidak Berfungsi

Hormon leptin memiliki peran penting untuk mengurangi nafsu makan pada mereka yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Hormon leptin itu sendiri dihasilkan oleh sel-sel lemak yang berperan untuk memberitahu otak tentang jumlah massa lemak pada tubuh, efeknya tubuh tidak akan makan dengan berlebihan.

Hanya saja, pada sebagian orang yang menderita masalah obesitas, hormon leptin tidak bekerja. Dimana kondisi ini disebut dengan resistensi leptin. Kondisi ini akan dapat menyebabkan terjadinya double chin karena lemak tertimbun pada dagu dan bagian tubuh yang lainnya.

Penyakit Tertentu

Ternyata double chin juga dapat disebabkan karena penyakit tertentu serta cara pengobatan penyakit tersebut. Contohnya yaitu konsumsi obat antidepresian yang oleh dokter diresepkan dan diberikan pada pasien yang menderita depresi.

Cara Menghilangkan Double Chin

cara-menghilangkan-double-chin-3.jpg

Adanya double chin atau dagu berlipat tentunya akan membuat anda tidak percaya diri. Namun, jangan khawatir, sebab anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara seperti berikut ini.

Memperbaiki Nutrisi

Mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan nutrisi baik untuk kesehatan. Selain itu, memperbaiki asupan nutrisi juga penting untuk mengatasi double chin yang anda miliki. Selain menjadikan kulit anda lebih sehat, menjalankan diet rendah kalori akan membuat anda menghindari makanan yang mengandung gula, serta makanan yang mengandung lemak. Efeknya berat badan anda akan menjadi lebih stabil. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa berat badan yang berlebih akan dapat mempengaruhi kondisi di area wajah anda. Maka untuk menghilangkan double chin yang anda alami, salah satunya dengan memperhatikan asupan nutrisi atau mengonsumsi makanan-makanan sehat.

Duduk dengan Posisi Tegak

Posisi duduk juga ternyata dapat membantu mengatasi double chin. Posisi duduk yang dapat membantu mengatasi double chin yaitu duduk dengan posisi tegak. Dengan duduk tegak maka double chin anda tidak akan terlihat, selain itu juga akan dapat membuat otot rahang lurus dan menghilangkan penumpukan lemak pada dagu.

Memperhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Apabila double chin atau dagu berlipat muncul akibat kelebihan berat badan, maka cara untuk menghilangkannya yaitu dengan menurunkan berat badan. Cara yang dapat anda lakukan untuk menurunkan berat badan yaitu dengan memperhatikan asupan makanan dan melakukan olahraga dengan teratur. Berikut ini beberapa tips yang dapat anda simak.

  • Dalam setiap harinya anda dapat mengonsumsi sayur sebanyak 4 porsi dan buah sebanyak 3 porsi.
  • Hindari mengonsumsi makanan olahan.
  • Sebaiknya anda mengganti gandum yang diolah dengan gandum murni.
  • Mengonsumsi lemak sehat seperti misalkan alpukat, minyak zaitun dan kacang-kacangan.
  • Jika akan mengonsumsi daging, maka sebaiknya makan daging dengan kandungan lemak yang sedikit seperti daging unggas dan ikan.
  • Jika anda hobi mengonsumsi makanan yang mengandung gula, maka saat ini sebaiknya batasi konsumsi gula anda.
  • Pilihlah produk susu yang rendah lemak untuk dikonsumsi.
  • Mengontrol porsi makan sangat penting dilakukan.  Jika anda memiliki kebiasaan makan dengan porsi yang banyak, maka saat ini anda bisa mengontrolnya untuk menurunkan berat badan dan mengurangi double chin.

Jika berat badan anda turun, maka wajah anda akan lebih tirus. Selain memperhatikan asupan makanan, anda juga bisa mengimbanginya dengan rutin melakukan olahraga.

Mengunyah Permen Karet

Cara mudah dan menyenangkan mengatasi double chin yaitu dengan mengunyah permen karet. Dengan mengunyah permen karet maka akan membuat rahang, serta otot wajah bekerja. Jika anda membuat rahang, serta otot wajah berolahraga maka akan membantu membakar lemak yang menjadi penyebab double chin. Selain itu, dengan mengunyah permen karet kulit wajah anda akan menjadi lebih kencang.

Memperbanyak Minum Air Putih

cara-menghilangkan-double-chin.jpg

Banyak minum air putih memang dianjurkan karena tentunya baik untuk kesehatan. Lantas apa hubungan minum air putih dengan cara menghilangkan double chin? Perlu anda ketahui, konsumsi air putih baik untuk menstimulasi metabolisme tubuh, serta membantu membakar lemak pada tubuh, termasuk lemak yang terdapat pada bagian wajah dan leher. Tidak hanya itu, air putih juga bagus untuk membuat keelastisan kulit meningkat, dengan kata lain dapat menunda masalah penuaan pada kulit.

Melakukan Olahraga Wajah

Cara lainnya yang dapat anda lakukan untuk mengatasi double chin yaitu dengan melakukan olahraga wajah. Dengan melakukan olahraga wajah maka otot-otot pada wajah anda dan rahang akan bekerja. Ada beberapa gerakan yang bisa anda coba sebagai olahraga wajah untuk mengatasi double chin seperti berikut ini.

Gerakan Menekan Pipi

Untuk memulai gerakan ini, anda bisa menarik nafas dengan dalam dan mulut mengisi udara. Kemudian anda bisa menutup mulut anda. Udara dari dalam mulut jangan dibiarkan keluar. Tunggu selama 3 hingga 5 detik. Selanjutnya, anda bisa menetak pipi dengan menggunakan telapak tangan sehingga anda akan merasakan otot tegang. Supaya anda merasakan perubahannya, anda dapat melakukan gerakan ini lima hingga enam kali.

Gerakan Meregangkan Leher

Gerakan ini juga mudah untuk dilakukan. Melakukan gerakan ini, anda harus duduk tegak. Lalu meregangkan leher anda sejauh mungkin ke arah kanan dan kiri sebanyak sepuluh kali. Dengan cara ini akan membantu menghilangkan lemak pada dagu sehingga double chin akan dapat di atasi.

Gerakan Meluruskan Rahang

Silakan anda mendongakkan kepala sampai melihat langit-langit. Kemudian rahang bawah anda didorong ke depan sampai dagu terasa tegang. Anda dapat mempertahankan posisi ini selama 10 detik. Kemudian anda dapat mengistirahatkan rahang anda, lalu dapat kembali melakukan gerakan ini.

Gerakan Menjulurkan Lidah

Siapa sangka, ternyata gerakan menjulurkan lidah dapat membantu menghilangkan double chin. Anda dapat melakukannya dimana lidah dijulurkan sejauh mungkin, dan mengayunkannya dari sisi ke sisi. Anda dapat melakukan gerakan ini selama 12 detik.

Gerakan Peregangan Leher

Silakan anda mendongakkan kepala sampai melihat langit-langit. Kemudian silakan tekan lidah anda ke langit-langit mulut. Diamkan selama kurang lebih 5 hingga 10 detik. Jika sudah anda bisa langsung melepaskannya.

Gerakan Rahang

Untuk melakukan gerakan ini anda bisa mendongakkan kepala anda sampai melihat langit-langit. Kemudian anda bisa menolehkan kepala anda ke kanan. Lalu rahang bagian bawah didorong ke depan. Tahan posisi ini selama 5 hingga 10 detik, lalu anda bisa melepaskannya. Setelah itu anda bisa mengulangi lagi gerakan ini dengan menolehkan kepala ke arah kiri.

Gerakan XO

Gerakan selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk mengatasi double chin yaitu gerakan XO. Melakukan gerakan ini tentu sangat mudah sekali. Anda hanya perlu menyebutkan kata X-O dengan berulang sampai 12 kali supaya otot rahang, pipi dan leher anda bergerak sehingga lemak akan terbakar.

Menghilangkan Double Chin dengan Alami

Selain melakukan diet serta beberapa gerakan, double chin juga ternyata dapat dikurangi dengan menggunakan bahan alami. Ada beberapa bahan alami yang diketahui dapat mengatasi double chin seperti di bawah ini.

  • Putih Telur

Manfaat putih telur bagi kecantikan sudah tidak dapat kita ragukan. Putih telur biasanya dijadikan masker untuk kecantikan kulit. Selain itu, putih telur juga ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengatasi double chin. Caranya yaitu dengan mengaplikasikan putih telur di area dagu. Untuk mendapatkan manfaat lebih, anda bisa mengkombinasikan masker putih telur dengan madu, susu atau perasan lemon.

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan kandungan antioksidan, serta vitamin E. Kedua kandungan ini memiliki manfaat yang bagus untuk menutrisi, dan mengencangkan kulit. Untuk mengurangi double chin dengan minyak zaitun caranya yaitu dengan mengaplikasikan minyak zaitun pada dagu dan rahang. Lalu anda bisa memijatnya selama beberapa saat. Diamkan semalaman dan terakhir anda bisa membilasnya.

  • White Germ Oil

White germ oil mengandung banyak vitamin E. Bahan alami yang satu ini diketahui dapat membantu mengurangi double chin. Vitamin E yang terkandung di dalamnya diketahui dapat menutrisi serta mengencangkan kulit pada area dagu. Caranya dengan mengaplikasikan minyak ini secukupnya dan pijat area rahang anda selama kurang lebih 5 hingga 10 menit. Diamkan selama semalaman. Gunakan dengan rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

  • Vitamin E

Vitamin E memiliki peran penting untuk menutrisi, serta membuat kulit kencang. Anda bisa mendapatkan vitamin E dari sayur dan buah-buahan. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan khasiat vitamin E dengan mengonsumsi suplemen vitamin E. Bisa dikonsumsi langsung atau anda bisa mengoleskan pada kulit. Caranya dengan memecahkan kapsul vitamin E, lalu diaplikasikan pada rahang sampai ke dagu hingga merata. Anda dapat memijatnya dengan lembut.

Dagu berlipat atau double chin akan mengurangi rasa percaya diri. Untuk menghilangkan lemak berlebih pada dagu, langkah terbaik yang dapat anda lakukan yaitu dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi, serta diimbangi dengan melakukan olahraga. Anda tentunya harus bersabar dalam mengatasi double chin, terkecuali jika anda melakukan prosedur medis maka double chin akan lebih cepat hilang.

Menjaga berat badan supaya tetap normal tentunya akan membantu menghilangkan dagu berlipat. Selain itu, dengan menjaga berat badan maka akan menjauhkan anda dari masalah kesehatan seperti hipertensi, diabetes, penyakit jantung, stroke kanker dan lain sebagainya.

Nah, semoga informasi yang kami berikan untuk anda seputar penyebab double chin atau dagu berlipat, serta cara menghilangkannya dapat membantu.

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!