< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

7 Cara Alami Redakan Sakit Kepala Tanpa Minum Obat, Tak Ada Efek Samping, Ampuh Hilangkan Rasa Sakit

Tribun Pontianak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Sakit kepala memang sangat menganggu aktivitas.

Kamu bisa saja mengatasinya dengan mengonsumsi obat-obatan seperti ibuprofen,aspirin, acetaminophen, dan lain sebagainya.

Sakit kepala ternyata terdiri dari beberapa jenis yang berbeda. Berbeda jenis sakit kepala, berbeda pula cara penyembuhannya. Mana yang kamu alami?
Sakit kepala (theorganicfacts.net)

Dilansir goodhousekeeping.com, seorang ahli saraf dan direktur Divisi Sakit Kepala di NYU Langone Health di New York City, Lawrence Newman, MD memberikan penjelasannya.

"Hanya karena itu tidak memerlukan resep bukan berarti itu bukan obat,"

"Ini dapat menginduksi sesuatu yang disebut obat sakit kepala berlebihan,"

"dimana terlalu banyak obat justru menyebabkan sakit kepala lebih sering dan membuat pasien kebal terhadap perawatan lain." papar Newman.

Sebelum kamu mengalami ketergantungan obat untuk mengatasi sakit kepala, kamu bisa mengatasinya dengan cara lain.

Berikut ini tujuh cara meredakan sakit kepala tanpa obat yang telah dirangkum  dari goodhousekeeping.com.

1. Periksa Jadwal Tidurmu

Untuk mencegah migrain, Newman menyarankan untuk mengikuti SEED mnemonik.

SEEDS yang dimaksud ialah sleep, eating, exercise, drinking, and stress reduction (tidur, makan, olahraga, minum, dan pengurangan stres).

"Gen untuk migrain pada dasarnya memberi kita otak yang hiperaktif atau terlalu sensitif,"

"Karena itu, perubahan apa pun dapat menyebabkan migrain," papar Newman.

Misalnya, tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat menyebabkan migrain.

Tetapi menjaga rutinitas yang lebih teratur juga dapat membantu mengatasi sakit kepala.

Ilustrasi tidur - Bagi kamu yang susah tidur, simak lima tips jitu di bawah ini agar tidurmu lebih nyenyak!
Ilustrasi tidur - Bagi kamu yang susah tidur, simak lima tips jitu di bawah ini agar tidurmu lebih nyenyak! (Big Hit Entertainment)

2. Makan Teratur

Jika kamu tidak pernah sarapan, sekaranglah saatnya untuk memulai.

Mengisi tubuh dari matahari terbit hingga terbenam juga dapat membantu mencegah sakit kepala.

Usahakan untuk selalu makan dengan teratur dan tepat waktu.

"Jika tidak dapat makan tiga kali sehari, setidaknya makanlah camilan sehat dan kecil seperti almond atau kismis sepanjang hari," ujar Newman.

Ilustrasi hobi makan
Ilustrasi makan (Total Orthodontics)

3. Minum Kopi

Jika kamu terbiasa minum kopi di pagi hari, kemungkinan kamu akan merasakan sakit kepala saat melupakannya.

Kandungan kafein yang ada dalam kopi pada dosis tertentu dapat meredakan sakit kepala secara signifikan.

"Ada bukti yang baik bahwa jika kamu minum kafein, maka kamu harus tetap stabil pada dosis tersebut karena mengurangi secara signifikan dapat memicu penarikan sakit kepala," kata Dr. Rosen.

Untuk beberapa orang minum terlalu banyak minuman berkafein juga akan menimbulkan sakit kepala.

Cobalah rata-rata kurang dari 150 miligram kafein atau sekitar 2 cangkir kopi 8 onser hari.

Secangkir kopi
Secangkir kopi (Jamie Oliver)

4. Mandi Air Panas atau Air Dingin

Terserah mana yang kamu suka, mandi dibawah kucuran air panas atau air dingin dapat membantu meredakan sakit kepala.

Air es atau air dingin dapat memebekukan daerah yang sakit.

Sedangkan air panas mampu meningkatkan aliran darah ke daerah yang terserang sakit.

Jika kamu sedang tidak di rumah maka gunakanlah kopresan air panas atau bungkusan es batu dan letakkan pada bagian yang sakit.

Tunggu beberapa waktu hingga sakit kepala reda.

panas atau dingin
panas atau dingin (Aquazania)

5. Pijat Ringan

Kamu bisa memberikan pijatan ringan pada bagian yang terasa sakit.

Sakit kepala yang tak tertahannkan biasanya terjadi karena ketegangan otot di bagian tertentu.

Salah satu yang paling sering adalah pada leher bagian belakang.

Dengan pijatan ringan kana memebantu melemaskan otot-otot yang tegang.

Lakukan pijatan pada leher bagian belakang dan bahumu.

Pijat ringan
Pijat ringan (Chicago Stress Relief Center)

6. Cari Tempat Gelap dan Sunyi

"Salah satu gejala inti dari migrain adalah fotosensitifitas," kata Dr. Rosen.

"Cahaya dan kebisingan dapat secara langsung mengganggu."

Untuk itu saat sakit kepala menyerang sebaiknya jauhkan diri dari apa pun yang memperburuk rasa sakit.

Hal ini dilakukan agar dapat membantumu kembali pulih lebih cepat.

Jika kamu tidak bisa mendapatkan tempat yang gelap dan sunyi, coba tutup mata dan rileks sejenak.

Ruangan gelap dan sunyi
Ruangan gelap dan sunyi (LensCulture)

7. Buat Jurnal untuk Indentifikasi Pemicu Sakit Kepala

Jurnal tidak hanya dapat membantu melacak gejala yang menandakan timbulnya sakit kepala atau migrain.

Dengan jurnal kita juga bisa mengungkapkan makanan dan minuman yang memicu sakit kepala yang kita alami.

Penyebab spesifik dapat bervariasi dari pasien ke pasien misalnya makanan yang mengandung MSG, dan pemanis buatan adalah beberapa yang umum.

Alkohol gelap seperti anggur merah, wiski, bourbon juga lebih mungkin menyebabkan migrain daripada anggur putih, gin, atau vodka.

Buat jurnal
Buat jurnal (The Outside Way)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Cara Sembuhkan Sakit Kepala Tanpa Obat, dari Makan Teratur hingga Cari Tempat Sepi, https://www.tribunnews.com/kesehatan/2019/06/12/cara-sembuhkan-sakit-kepala-tanpa-obat-dari-makan-teratur-hingga-cari-tempat-sepi?

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!