< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Hasil Pertemuan Para Menteri Luar Negeri Arab Resmi Tolak Keputusan AS Tentang Pemukima Israel

KBK
KAIRO – Menteri luar negeri Arab pada Senin (25/11/2019) menolak keputusan AS bahwa permukiman Israel di wilayah Palestina yang diduduki pada tahun 1967 tidak melanggar hukum internasional.

WAFA melaporkan, setelah pertemuan luar biasa para menteri luar negeri Arab di markas Liga Arab di Kairo, para menteri luar negeri mengatakan bahwa keputusan AS itu batal demi hukum dan tidak memiliki efek hukum dan merupakan pelanggaran yang jelas terhadap Piagam PBB dan resolusi yang relevan, termasuk Resolusi Dewan Keamanan. 2334 tahun 2016.

Pekan lalu, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyatakan bahwa AS tidak lagi menganggap permukiman Israel di wilayah Palestina yang diduduki tidak konsisten dengan hukum internasional.

Sementara itu, para menteri memperingatkan bahwa pendekatan yang diambil oleh pemerintah AS untuk mengadopsi keputusan sepihak, yang melanggar hukum internasional dan resolusi PBB, merupakan ancaman nyata terhadap keamanan, perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah dan dunia.

Mereka juga menganggap keputusan AS sebagai upaya untuk melegitimasi dan mendukung penyelesaian Israel yang benar-benar akan merugikan prakarsa perdamaian Arab, yang menyerukan penarikan Israel, kekuatan pendudukan, hingga garis 4 Juni 1967, pendirian sebuah negara Palestina merdeka dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya, dan menemukan solusi yang adil dan disepakati untuk masalah pengungsi menurut Resolusi Majelis Umum PBB 194 tahun 1948.

Para menteri menginstruksikan Kelompok Arab di New York dan anggota Arab Dewan Keamanan untuk memulai upaya dan konsultasi yang diperlukan untuk menghadapi keputusan Amerika mengenai permukiman Israel.

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!