< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Tak Hanya Gunakan Narkoba, Nunung Juga Punya Masalah di Otak, Putranya: Kalo Kumat, Nangis Seharian

tribun mataram

Tak sendirian, Nunung ditangkap bersama sang suami.

Keduanya ditangkap polisi di kamar mereka pada 19 Juli 2019 kemarin.

Kini proses hukum yang dijalani pasangan suami istri ini masih berlanjut.

Ternyata rekan Sule dan Andre ini memang sedang kurang sehat.

Nunung diketahui mengidap depresi dan permasalahan di otaknya.

Hal ini mengakibatkan Nunung kerap mengalami pusing dan tegang pada bagian leher.

Di samping itu, imbasnya juga ada penyumbatan di sekitar otak.

Anaknya, Bagus memberikan keterangan mengenai hal ini.

"Itu barengan sama depresinya itu mama ternyata juga kekurangan oksigennya itu, penyakit yang di otaknya," kata Bagus.

"Wah itu kalau udah kumat sampe nangis-nangis seharian,".

"Penyakit itu sebenarnya baru muncul beberapa tahun yang lalu, tapi Alhamdulillah sekarang udah nggak ada lagi," pungkasnya.

Keduanya diciduk pihak kepolisian di kediamannya yang terletak di kawasan Tebet Timur, Jakarta Selatan.

Barang bukti yang berhasil diamankan oleh polisi yakni satu klip sabu seberat 0,36 gram, dua klip kecil bekas bungkus sabu, 3 sedotan plastik unyuk mengonsumsi sabu, satu buah sedotan plastik untuk menyendok sabu, satu buah botol bekas larutan cap kaki tiga yang digunakan sebagai bong untuk mengonsumsi sabu.

Nunung yang panik saat digerebek ini sempat membuang barang bukti berupa sabu seberat 2 gram ke kloset.

Komedian bernama asli Tri Retno Prayudati ini baru saja menjalani sidang perdana atas kasus penyalahgunaan narkoba, Rabu 2 Oktober 2019.

Nunung saat menunggu sidang perdananya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Ampera, Jakarta Selatan, Rabu (2/9/2019).
Nunung saat menunggu sidang perdananya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Ampera, Jakarta Selatan, Rabu (2/9/2019). (KOMPAS.com/IRA GITA)

Sidang yang beragendakan pembacaan dakwaan itu digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Ampera, Jakarta Selatan, Rabu (2/10/2019).

Jalani sidang perdana, Nunung dan Iyan Sambiran tampil kompak mengenakan pakaian berwarna putih.

Tak lagi lesu seperti dulu, Nunung kini bisa melempar senyum ketika bertemu dengan para awak media.

Wajahnya tampak lebih fresh dibanding saat awal penangkapan dulu.

Berikut sederet fakta mengenai sidang perdana Nunung dan Iyan Sambiran atas kasus penyalahgunaan narkoba yang menjerat mereka.

1. Didakwa tiga pasal alternatif

Nunung dan suaminya didakwa dengan tiga pasal alternatif yakni Pasal 114 Ayat 1 Subsider Pasal 112 Ayat 1 Jo dan pasal 127 Ayat 1 Undang Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Ancaman hukuman lima tahun penjara.

"Pasal 114 atau 112 atau 127, kita membuka kemungkinan apakah yang bersangkutan benar-benar pelaku atau korban," kata jaksa penuntun umum saat ditemui usai sidang.

"Nanti kita lihat manakah di antara tiga tuduhan ini yang terbukti," sambungnya.

Nunung dalam sidang perdananya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Ampera, Jakarta Selatan, Rabu (2/10/2019).

Nunung dalam sidang perdananya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Ampera, Jakarta Selatan, Rabu (2/10/2019). 

2. Nunung tidak ajukan keberatan

Melalui kuasa hukumnya, Wijayono Hadi Sutrisno, Nunung memutuskan untuk tidak mengajukan dakwaan yang dilayangkan terhadapnya itu.

"Berdasarkan pembicaraan kami, pada prinsipnya, kami tidak keberatan dengan dakwaan JPU. Kami mohon agar dilakukan ke pemeriksaan selanjutnya," kata Wijayono dalam persidangan.

Wijayono mengungkapkan, alasan Nunung tak mengajukan keberatan karena sudah memahami betul isi dakwaan itu.

"Enggak. Kita enggak mengajukan eksepsi bukan karena apa, supaya prosesnya berjalan apa adanya aja dan kita juga enggak ajukan gugatan apa-apa," kata Wijayono.

"Jadi kita hanya menerima dalam arti kata mengerti apa yang di dakwaan, bukan berarti wah surat dakwaan seperti ini dan kita menerima dan mengakui, bukan," sambungnya.

3. Sempat berontak di RSKO

Nunung juga menceritakan masa ia menjalani rehabilitasi. Ia mengaku, dia sempat berontak saat menjalani rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur.

Sebab, Nunung dilarang berinteraksi dengan siapapun selama di sana.

"Pindah ke rehab aku mulai berontak lagi nyatanya enggak boleh dijenguk keluarga sebulan," kata Nunung saat ditemui di ruang tunggu tahanan.

"Berapa kali awalnya enggak bisa nerima tapi ya mau enggak mau harus masuk situ, enggak bisa keluar lagi," sambungnya.

Namun, Nunung akhirnya bisa ikhlas menjalani proses hukum atas kasus penyalahgunaan narkotika yang menjeratnya dan sang suami.

"Akhirnya mulai lagi kalau harus dijalanin gimana kembali lagi kita harus ikhlas walaupun berat, ikhlas itu berat banget, cuma harus dijalani," lanjut Nunung.

Komedian Nunung (berbaju putih) tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Jakarta, Rabu (2/10/2019).

Komedian Nunung (berbaju putih) tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Jakarta, Rabu (2/10/2019).

4. Karaoke untuk hilangkan penat di RSKO

Nunung mengungkapkan kegiatan apa saja yang dia lakukan untun menghilangkan penat saat menjalani rehabilitasi di RSKO Cibubur.

"Olahraga, musik iya, kalau malam minggu kita pasti karaokean.

Makan-makan enak," kata Nunung saat ditemui di Pengadilan negeri Jakarta Selatan, Rabu (2/10/2019).

Nunung sangat menikmati kegiatan yang dia lakukan bersama teman-teman di RSKO.

5. Olahraga sampai sepatu jebol

Putra komedian Nunung, Bagus Permadi mengatakan bahwa ibunya sudah terlihat lebih segar karena sering berolahraga saat menjalani rehabilitasi di RSKO

Hal itu dikatakan Bagus saat ditemui usai menghadiri sidang perdana Nunung.

"Mama jauh lebih fresh karena mama lebih fokus sama rehabilitasinya, bapak juga. Setiap pagi selalu olahraga," kata Bagus.

Bahkan, kata Bagus, sepatu Nunung hingga jebol karena sering dipakai olahraga.

"Alhamdulillah (rehabilitasi) sangat membantu sekali sampai ada cerita lucu.

Sepatu olahraga sampai jebol minta dikirimin dua pasang sepatu juga," sambungnya.

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!