< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Ingin Seperti Finlandia, Petugas di Dalam Bus Transjakarta Ditiadakan

Viva

VIVA – Mulai hari ini, Rabu 6 November 2019, tidak akan ada lagi petugas di dalam bus koridor 1 (Blok M - Kota) layanan Transjakarta?.

Menurut Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Agung Wicaksono, Transjakarta mengujicoba sistem pelayanan baru, yaitu 'way finding' di salah satu koridor transportasi utama di ibu kota itu.

"Cara baru menjelajah transportasi di Jakarta diterapkan dengan way finding ini," ujar Agung di Jakarta, Selasa, 5 November 2019 dilansir dari VIVAnews.

Agung menyampaikan, alih-alih di bus, petugas-petugas, akan ditempatkan di halte-halte sepanjang Blok M - Kota. Selain itu, akan ada juga petugas yang berkeliling dari bus ke bus untuk memastikan keamanan penumpang dan situasi di bus.

"Jadi pelanggan tidak perlu khawatir dengan tidak adanya petugas di dalam bus," ujar Agung.

Agung juga mengemukakan, dengan sistem way finding, penumpang, bisa menggunakan peta yang disediakan di dalam bus untuk secara mandiri melakukan navigasi atas perjalanan mereka.

Cara ini telah diterapkan di sistem transportasi sejumlah kota besar di dunia, seperti Helsinki di Finlandia.

"TransJakarta menambah informasi yang jelas di dalam bus seperti peta rute beserta gedung-gedung terdekat yang bersinggungan dengan halte," ujar Agung.

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!