< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Anies Baswedan-Ridwan Kamil Menguat untuk Capres-Cawapres 2024

Pojoksatu

POJOKJABAR.com, JAKARTA— Nama Anies Baswedan-Ridwan Kamil menguat untuk capres-cawapres 2024 setelah Presiden PKS Sohibul Imam silaturahmi politik dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Mesranya hubungan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri adalah sinyal PDIP-Gerindra bersinergi di Pilpres 2014.

Ini juga dibuktikan dengan bergabungnya Partai Gerindra di Pemerintahan Jokowi-MA.

Pemerhati politik sekaligus Direktur Mahara Leadership, Iwel Sastra mengatakan, bisa saja Gerindra-PDIP mengusung Prabowo berpasangan dengan politisi utama PDIP Puan Maharani pada pilpres 2024 mendatang.

Jelas Iwel, untuk itulah politisi ulung Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh yang dikenal jago melakukan menuver politik bersilaturahmi ke pimpinan PKS, Rabu (30/10).

Dan sebelumnya, Surya sudah melakukan pertemuan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat Mega dan Prabowo melakukan pertemuan pada 24 Juli 2019.

Menurut dia, di luar silaturahmi politik, pasti ada visi yang dibawa Surya Paloh saat berkunjung ke Kantor DPP PKS.

Setelah memenangkan Jokowi di Pilpres 2014 dan 2019, Nasdem sudah mulai menatap Pilpres 2024.

Siapa yang diincar Nasdem? Salah satunya adalah Anies Baswedan. Untuk diketahui, dari banyak partai, PKS yang paling dekat dan identik dengan Anies.

Ditambahkan Iwel, Surya Paloh incar Anies karena Nasdem paham belum ada kader yang layak diusung untuk kelas capres dan cawapres.

Ditambah, pilpres mendatang, Jokowi tidak bisa diusung lagi karena sudah menjabat presiden dua periode.

“Inilah jagonya Surya sudah buat ancang-ancang sedari awal. Dan ingat, perolehan suara Nasdem terus naik dari pemilu ke pemilu,” ungkapnya, Jumat (1/11) lalu.

Iwel menambahkan, Nasdem bisa saja sudah mempersipakan Anies berpasangan dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk Pilpres 2014.

Nasdem adalah parpol pertama yang mengusung Ridwan Kami di Pilkada Jabar 2018.

Hubungan Surya Paloh dan Ridwan Kamil juga sangat intens dan akrab.

Kalau pasangan Anies Baswedan-Ridwan Kamil benar-benar terwujud, maka duet ini adalah penantang terberat Prabowo-Puan.

“Ini manuver yang hebat, Prabowo-Puan bisa lewat dengan hadirnya pasangan Anies Baswedan-Ridwan Kamil,” demikian Iwel Sastra.

(ral/rmol/pojokjabar)

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!

Komentar Teratas

Kunjungi app