< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Hiu Tutul jadi Mainan Anak Pessel

posmetro padang

PESSEL, METRO – Kembali hiu paus (rhincodon typus) atau hiu tutul ditemukan terdampar di pantai yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Kali ini, Sabtu (19/10) sekitar pukul 09.00 WIB, tepatnya di Pantai Transindano Taluak, Kecamatan Batangkapas.

Ikan hiu berjenis tutul diperkirakan memiliki berat sekitar 1 ton, panjang diperkirakan 6, 3 meter. Sebelumnya terkena jerat jaring nelayan tradisional.

Menurut Isen (34), seorang warga setempat, sebelum terdampar, ikan hiu tutul ini terjerat oleh jaring nelayan tradisional pada paginya. Setelah dilepaskan dari jaring, ikan hiu tersebut tetap kembali ke tepi pantai.

”Sudah empat kali kami dorong ke tengah, tapi ikan tetap kembali ke tepi pantai. Padahal tadi ikan masih dalam keadaan hidup,” ucapnya.

Isen menyebutkan, dia telah berupaya untuk kembali mendorong hiu ke tengah bersama nalayan setempat. Tapi, hasilnya ikan terus kembali ke tepi pantai.

Sementara Sawalludin dari Pemerintah Kecamatan Batangkapas mengatakan, dirinya, telah melaporkan kejadian ini ke Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Pessel. Langkah apa setelah ini yang akan diambil, diserahkan ke DKP.

”Kita sekarang masih menunggu petunjuk orang dinas. Apakah dikuburkan di sini atau tetap dikembalikan ke tengah,” singkat Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban (Kasi Trantib) Camat Batangkapas tersebut.

Tak ayal, sepanjang kemarin, keberadaan ikan hiu tutul tersebut menjadi tontonan masyarakat dan anak-anak. Bahkan anak-anak bermain di dekat tubuh ikan hiu tutul yang diduga telah mati tersebut. Pekan lalu, ikan jenis sama juga terdampar di perairan Taluak Batuang, Pessel dan dikuburkan di sekitar pantai. (rio)

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!