< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Menurut Ahli, Ini Masing-Masing Kelebihan Mandi Pagi dan Malam Hari

Womantalk

Kebanyakan orang Indonesia mungkin lebih memilih mandi pagi saat memulai hari. Namun, tidak jarang juga ada orang yang lebih suka mandi malam hari, misalnya saya saat kuliah dulu karena mandi pagi di daerah tempat kami menimba ilmu yang dingin, rasanya begitu menantang.

Nah, sebenarnya apakah ada kelebihan dari mandi pagi atau malam hari atau semua tergantung preferensi dari masing-masing orang saja? Kalau menurut Elizabeth Culnan, PhD, Rekan Postdoctoral di Behavioral Sleep Medicine, Rush University Medical Center, mandi malam hari memiliki keunggulan dalam hal manfaat tidur karena dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan membantu Anda tertidur lebih cepat. “Kuncinya adalah pada waktu mandi. Mandi 1,5-2 jam sebelum tidur akan menghangatkan tubuh Anda dan memungkinkan tubuh mengalami penurunan suhu yang lebih nyata, sehingga mendorong Anda lebih mudah tidur," kata Elizabeth.

 

Sementara, Mia Finkelston, MD, seorang dokter keluarga bersertifikat, juga mengatakan bahwa mandi malam bisa sangat bermanfaat jika dilakukan di iklim panas atau yang lebih hangat (seperti Indonesia sekarang ini). Lebih lanjut, dirinya mengatakan bahwa penurunan suhu tubuh setelah mandi malam sangat penting untuk memperlambat detak jantung, laju pernapasan, dan pencernaan, sehingga tubuh siap untuk tidur.

Lalu, bagaimana dengan mandi pagi? Ternyata, tidak ada keuntungan ilmiah nyata dari mandi pagi, meskipun para ahli mengakui masih ada manfaatnya bagi sebagian orang. Elizabeth bilang, mandi sebagai bagian dari rutinitas pagi setiap hari juga dapat berfungsi sebagai isyarat eksternal yang memberikan informasi ke jam otak bahwa sudah waktunya untuk memulai hari.

 

“Mandi dapat menyegarkan indra Anda, asalkan tidak terlalu lama atau terlalu panas. Jika suhunya terlalu hangat, dapat memiliki efek relaksasi dan tidak cocok dilakukan di pagi hari. Dokter naturopati merekomendasikan praktik hidroterapi, yaitu mandi pagi dengan air suhu panas dan dingin secara bergantian, untuk membangunkan sistem tubuh, meningkatkan aliran darah, dan mendukung kekebalan tubuh," jelas Jaquel Patterson, ND, MBA, presiden American Association of Naturopathic Physicians.

Jadi, sebenarnya tidak masalah jika Anda lebih memilih mandi pagi atau mandi malam, yang paling penting Anda tidak malas mandi yang sudah terbukti juga dapat berakibat buruk bagi kesehatan.

Cover: bustle.com

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!

Komentar Teratas

Kunjungi app