< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Padang Savana Gunung Tambora Terbakar

Topskor
Dompu - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali melanda gunung Tambora NTB. Kali ini, kebakaran terjadi di areal padang sabana Doro Ncanga.

Api pertama kali muncul sekitar pukul 16.30 Wita, Sabtu (19/10/2019) membakar rumput sabana yang kering. Hingga malam ini api masih belum bisa dipadamkan oleh petugas.

"Kebakaran muncul sore hari didukung oleh angin yang sangat kencang. Kalo dilihat dari citra satelit daerah yang terbakar sebagian besar wilayah savana," ungkap Kepala Balai Taman Nasional Tambora, Murlan Dameria Pane, pada detikcom Sabtu malam.

Murlan mengatakan, pada Sabtu pagi tidak ditemukan titik api yang muncul oleh petugas yang melakukan patroli. Bahkan lewat citra satelit pun tidak muncul. Api tiba-tiba muncul pada sore menjelang petang.
Padang Savana Gunung Tambora Terbakar
Foto: Dok. Istimewa

"NTB hari ini memang sedang ramai titik api. Tadi pagi sampai dengan siang terpantau dari hotspot nihil titik api. Karhut muncul sore hari," ujarnya.

Petugas gabungan dari TNT, masyarakat peduli api dan mitra TNT serta TNI Polri tengah melakukan upaya pemahaman dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran.

Belum diketahui pasti luas padang savana yang terbakar, namun diperkirakan mencapai 300 hektar.



Simak Video "Karhutla di Konawe Terjadi Lagi, 5 Hektare Lahan Hangus "
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!