< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

PSI Siap Dukung Gibran di Pilwalkot Solo

Medcom.id
Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. (Foto: MI/Permana)
Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. (Foto: MI/Permana)
Solo: Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Solo menyatakan siap mendukung Gibran Rakabuming Raka dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo 2020. PSI siap mendukung lewat jalur kepartaian ataupun independen.
 
Satu-satunya anggota DPRD Solo dari PSI, Antonius Yogo Prabowo, mengatakan Gibran merupakan sosok yang tepat bagi Kota Solo. "Solo butuh perubahan. Mas Gibran saya kira bisa menjawab tantangan itu," kata Yogo, Senin, 30 September 2019.
 
Mengenai tudingan bahwa Gibran masih terlalu muda dan kurang berpengalaman, Yogo tidak sepakat. Sebab Gibran kini sudah membuktikan bisa memanajemen bisnisnya yang sudah menggurita.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Integritas beliau juga bisa dilihat bahwa tidak ada proyek pemerintah yang digarap Mas Gibran. Beliau juga banyak kegiatan sosial, seperti sekolah bahasa Inggris gratis. Ini bekal yang baik buat beliau," kata Yogo.
 
Yogo mengaku telah berkomunikasi dengan DPP soal pencalonan Gibran. PSI siap berkoalisi dengan partai manapun untuk mendukung ataupun mengusung Gibran.
 
Saat ini Gibran berusaha maju melalui PDIP yang memiliki 30 dari 45 kursi DPRD Solo, namun belum memperoleh kejelasan. Jika akan maju melalui partai non-PDIP, butuh minimal 9 kursi untuk mengusung Gibran.
 
"Kalau maju lewat PDIP, kami siap mendukung. Kalau lewat partai koalisi, kami punya satu kursi, nanti kami terus berkomunikasi dengan partai lain," ujarnya.
 
Menurutnya, beberapa partai yang mungkin dapat diajak berkoalisi ialah Partai Golkar, PAN dan Partai Gerindra yang masing-masing memiliki 3 kursi.
 
Namun jika terpaksa tidak ada partai yang mengusung, PSI siap bergerak mencari dukungan lewat independen. Setidaknya butuh 35.870 KTP agar Gibran bisa lolos.
 
Angka tersebut sesuai syarat 8,5 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2019 lalu. "Tapi kami targetkan bisa mencapai 40 ribu KTP," ujarnya.
 
PSI juga akan membuka konvensi pencalonan Pilwalkot Solo 2020 pada Oktober nanti. "Jadi kalau Mas Gibran maju independen, kami sudah menyiapkan orang-orang yang mungkin bisa jadi wakil Mas Gibran," tutupnya.
 

(ALB)
LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!