< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Keberadaan Tol Japek II Disambut Baik

Suaramerdeka

Foto liputan6
Foto liputan6

BANDUNG, suaramerdeka.com - Keberadaan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II diharapkan bisa menjadi solusi dalam mengurai kepadatan yang kerap terjadi di lintas utara Jabar. Penggunaannya pun sebaiknya dioptimalkan untuk semua jenis kendaraan.

"Sepanjang bisa mengurangi faktor kelambatan, keberadaan tol tersebut kenapa tidak diberdayakan," kata Kadishub Jabar, Heri Antasari di Bandung, Senin (23/9).

Menurut dia, kepadatan yang ditimbulkan di antaranya karena faktor angkutan barang terutama mobilitas truk yang tak jarang menjadi sumbatan pergerakan kendaraan lainnya. Kecepatan dalam jalan tol bebas hambatan pun tak tercapai.

"Dengan optimalisasi tol elevated itu juga kan bakal memberikan pengaruh terhadap lalu lintas di sekitar jalan non tol karena kapasitas yang semakin besar yang melalui tol baru tersebut, diperbolehkan, bebannya akan berkurang," katanya.

Meski demikian, Heri Antasari menyerahkan sepenuhnya keputusan tersebut kepada pemerintah pusat. Opsi penggunaan tol tersebut yang dikabarkan hanya untuk kendaraan golongan I yakni kendaraan kecil dan bus pada saat akhir tahun ini tentu sudah mempunyai pertimbangan.

"Itu juga kan mempertimbangkan uji beban yang akan dilakukan, dan juga perencanaan sebelum pembangunan termasuk tonase yang diperbolehkan, kan sudah dihitung semua," jelasnya.

Sebelumnya, pemerintah berencana mengoperasikan Tol Japek II sepanjang 36,4 kilometer dengan kontruksi layang ada akhir November mendatang. Jokowi pun berharap kemacetan panjang di tol tersebut berkurang jauh.


(Setiady Dwi/CN19/SM Network)

  • Keberadaan Tol Japek II Disambut Baik

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!