< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Tol Jakarta-Cikampek II Dipastikan Beroperasi November 2019

Ayobandung
Suasana jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) di Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (11/9/2019). (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

BEKASI, AYOBANDUNG.COM -- Tol Jakarta-Cikampek II diharapkan bisa beroperasi pada November 2019. Tol ini sudah bisa digunakan masyarakat pada Natal dan Tahun Baru 2019.

Hal itu ditegaskan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan tinjauan pengerjaan Tol Jakarta-Cikampek II guna memastikan aspek keselamatan yang sesuai standar operasional, Minggu (22/9/2019).

“Saya bersama Dirjen Darat dan Kepala BPTJ melakukan observasi aspek keselamatan dan layanan yang  ada di tol elevated ini, diharapkan bulan November bisa beroperasi,” kata Budi dalam keterangan resminya, Senin (23/9/2019).

Dia juga berharap, Tol Jakarta-Cikampek II dapat memangkas waktu tempuh perjalanan Jakarta ke Bandung menjadi lebih lancar dan efisien. “Paling tidak 30 menit sampai 1 jam lebih cepat. Ini menjadi fokus kita bagaimana konektivitas Jakarta, Bandung, Kertajati, dan Karawang bisa lebih baik,” ujarnya.

Hal ini disambut baik oleh masyarakat pengguna jalan tol, apalagi bagi mereka yang melakukan rutinitas perjalanan Jakarta-Bandung. Savina misalnya, seorang pegawai bank asal Bandung yang mengaku senang dengan selesainya pembangunan jalan tol tersebut dalam waktu dekat. 

"Ya, tentu senang sekali kalau akhirnya bisa beroperasi dua bulan lagi. Harapannya enggak macet lagi dan beneran lancar pulang pergi Jakarta-Bandung," katanya. 

Berdasarkan data dari PT Jasa Marga Tbk, perkembangan pembangunan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) ini sudah mencapai  96,5 persen. Tol tersebut berada di ruas jalan tol dari Cikunir (KM 9+500) hingga Karawang Barat (KM 47+500) dengan total panjang jalan 36,4 Km

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!