< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Luhut: RI bakal peroleh dana abadi dari Uni Emirat Arab

Alinea

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Indonesia akan mendapatkan bantuan dana abadi (Sovereign Wealth Fund/SWF) dari Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

Dia menjelaskan, dana abadi tersebut akan diberikan ke Indonesia setelah kunjungan Pangeran Mahkota Mohammed bin Zayed tersebut ke Indonesia pada bulan Juli lalu.

"Itu mem-follow up kunjungan Mohammed Bin Zayed ke Presiden Jokowi pada dua bulan lalu," ujar Luhut di kantornya Jakarta, Jumat (13/9).

Namun Luhut mengatakan belum tahu kapan rencana tersebut akan berjalan. Dia menyampaikan, rencana tersebut baru akan terealisasi setelah dirinya melakukan kunjungan balasan ke Abu Dhabi, sebagai perwakilan pemerintah Indoensia.

"Belum tahu kapan, tunggu saya ke Abu Dhabi dulu," ucapnya.

Kunjungan Luhut ke Abu Dhabi nantinya juga akan menindaklanjuti sejumlah pembicaraan yang sudah dilakukan dengan presiden Jokowi. Salah satunya adalah ketertarikan UEA di sektor ketahanan pangan.

Bahkan, ujar Luhut, pihak UEA telah meneliti 100.000 hektare lahan di Kalimantan Tengah yang dapat mereka ambil untuk produk impor ke negaranya.

"Kemudian juga juga tadi bicara dalam bidang food security. Mereka sudah meneliti 100.000 hektare di Kalimantan Tengah. Nanti kita bagi dua berapa yang ekspor dan berapa yang untuk kebutuhan domestik," ujar Luhut.

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!