< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Tol Pertama di Ibu Kota Baru Indonesia Akhir Oktober Beroperasi, Tarif Per Kilometer Segini

Otomotifnet

Otomotifnet.com - Tol Balikpapan-Samarinda bakal beroperasi dalam waktu dekat untuk menjadi akses ke Ibu Kota Indonesia yang baru.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Danang Parikesit berbagi informasi.

Menurutnya target beroperasinya tol pertama di Kalimantan ini akhir Oktober 2019.

"Sebelumnya dilakukan serah terima dari kontraktor PT Wijaya Karya (Persero) Tbk ke Jasa Marga," terangnya.

()

"Setelah itu, tol ini menjalani uji laik fungsi guna mendapatkan sertifikat laik operasi (SLO), baru kemudian diresmikan," ujarnya,(8/9/19).

Setelah diresmikan, tol ini akan disosialisasikan kepada masyarakat sebelum dikenakan tarif sebesar Rp 1.000 per kilometer.

Besaran tarif ini sudah sesuai dengan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT).

Namun, tarif ini kemungkinan akan berubah jika PPJT diamandemen terkait diambil alihnya pekerjaan porsi pemerintah sepanjang 3,8 kilometer.

Hingga saat ini, pembangunan fisik Seksi II, III, dan IV sudah mencapai 97,57 persen.

Sisa pekerjaan tinggal pemasangan rambu dan marka jalan, pembangunan gerbang tol, dan komponen akhir konstruksi.

Menurut Danang, Tol Balsam juga dirancang sebagai penghubung ibu kota dengan sejumlah kota bisnis lainnya seperti Balikpapan, Penajam Paser Utara, Kutai Kertanegara, dan Bontang.

"Terutama Penajam Paser Utara, akan memiliki modal infrastruktur berkualitas tinggi yang melayani fungsi ibu kota negara," ujarnya.

()

Sekadar informasi, Tol Balsam total panjangnya 99,35 kilometer dan dilengkapi empat gerbang tol.

Keempatnya terletak di Gerbang Tol (GT) Manggar dengan ramp on/ramp off di Jl Mulawarman dan GT Karang Joang dengan ramp on/ramp off di Jl Soekarno-Hatta kilometer 13.

Kemudian GT Samboja dengan ramp on/ramp off yang berada di Jl Soekarno Hatta kilometer 38 dan GT Palaran dengan ramp on/ramp off di Jl Soekarno-Hatta kilometer 4.

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!