< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

3 Fakta Mengejutkan Usai Timnas Indonesia Dipermalukan Thailand

Bola

Para pemain Thailand berselebrasi usai mencetak gol, Selasa (10/09/2019).

– Timnas Indonesia baru saja dikalahkan Thailand dengan skor 0-3 di pertandingan kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022, Selasa (10/09/19) malam WIB.

Bermain di kandang sendiri, Timnas Indonesia justru tampil kurang maksimal. Tim Garuda bahkan tidak mampu melakukan selebrasi sama sekali di sepanjang pertandingan.

Pertahanan Timnas Indonesia sebenarnya sudah cukup dispilin di babak pertama. Namun, seperti yang sudah-sudah, Tim Garuda justru kebobolan tiga gol di paruh kedua.

Tiga gol yang dilesatkan Thailand itu berhasil dihasilkan melalui catatan brace Supachok Sarachat dan eksekusi penalti Theeraton Bunmathan.

Kekalahan yang cukup memalukan ini pun nyatanya menghadirkan beberapa fakta mengejutkan. Berikut INDOSPORT merangkum 3 fakta yang terjadi pada laga Timnas Indonesia vs Thailand.

1. Rekor Buruk Thailand Terhenti

Stefano Lilipaly (bawah), terjatuh berjibaku untuk menguasai bola di tengah pengawalan para pemain Thailand, Selasa (10/09/2019). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORT
Stefano Lilipaly (bawah), terjatuh berjibaku untuk menguasai bola di tengah pengawalan para pemain Thailand, Selasa (10/09/2019). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Thailand berhasil menghentikan catatan buruknya yang tidak pernah menorehkan kemenangan dalam empat pertandingan secara beruntun. Sialnya, Supachok dkk. sukses memutus rekor buruknya itu di Stadion Gelora Bung Karno.

Padahal sebelumnya, mereka bisa dikatakan tidak berdaya dalam empat laga terakhir. Catatan buruk mereka dimulai ketika dibantai habis Uruguay 1-4 pada ajang China Cup 2019. Setelah itu mereka juga tumbang 0-1 di tangan Vietnam saat menjalani ajang King’s Cup 2019.

Thailand juga tak berdaya ketika berhadapan dengan India, di mana mereka tumbang 0-1 di ajang King’s Cup 2019. Catatan buruk itu juga berlanjutkan ketika Thailand hanya bermain imbang 0-0 atas Vietnam di laga perdana Kualifikasi Piala Dunia 2022.

2. Striker Thailand Tak Lagi Mandul

Yanto Basna (kiri) menutup wajahnya, Selasa (10/09/2019). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORT
Yanto Basna (kiri) menutup wajahnya, Selasa (10/09/2019). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Thailand juga berhasil memutus kutukan mandul setelah berhasil menang 3-0 atas Timnas Indonesia. Karena pada empat laga sebelumnya, seluruh pemain Thailand tidak mampu mencetak satupun gol ke gawang lawan.

Akan tetapi, dengan kerja keras yang diperlihatkan para pemain Thailand, mereka sukses memutus tren buruknya tersebut. Tim Gajah Putih justru tampil cukup ganas dengan mencetak tiga gol dalam satu pertandingan.

3. Kekalahan Perdana Timnas Indonesia di Kandang

Bek TImnas Indonesia, Ruben Sanadi (kanan) mengawal pergerakan Ekanit Panya, Selasa (10/09/2019). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bek TImnas Indonesia, Ruben Sanadi (kanan) mengawal pergerakan Ekanit Panya, Selasa (10/09/2019). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Timnas Indonesia sebenarnya tak terkalahkan saat menghadapi Thailand di markas sendiri, setidaknya dalam dua pertandingan terakhir. Tim Garuda bahkan selalu menang dengan skor identik 2-1 saat menjamu Thailand di Stadion Gelora Bung Karno dan Stadion Pakansari.

Dua kemenangan itu diraih Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2016 dan 2010. Seharusnya, catatan apik ini bisa dipertahankan, jika saja Timnas Indonesia tidak kalah pada pertandingan malam tadi.

Rekor tak terkalahkan di kandang sendiri pun akhirnya pupus pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Bahkan, Timnas Indonesia hampir tidak membuat Thailand ketakutan di sepanjang laga, seperti dua laga kandang sebelumnya. 

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!