< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

MRT Jakarta Belum Berniat Tambah Rangkaian Walau Penumpang Melonjak

Akurat.co
Image

Rangkaian kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Lebak Bulus-Bundaran HI melintas di Stasiun MRT Fatmawati, Jakarta, Rabu (8/5/2019). Terhitung mulai 13 Mei 2019, tarif MRT Jakarta akan kembali normal seharga Rp 7.000 hingga Rp 14.000 per sekali perjalanan. | AKURAT.CO/Dharma Wijayanto

AKURAT.CO PT belum berencana menambah jumlah rangkaian kereta hingga akhir tahun. Hal ini menyikapi naiknya jumlah penumpang per Senin (9/9/2019) kemarin pasca ditetapkannya perluasan kawasan ganjil genap.

Direktur Utama PT mengatakan, penambahan rangkaian kereta baru akan dilakukan jika jumlah penumpang sudah mencapai 170 ribu orang. Artinya, itu diperkirakan akan terjadi pada 2-3 tahun ke depan.

"Kita baru bisa bicara rangkaian kalau dia sudah di angka 170 ribu ya. mungkin 2-3 tahun dari sekarang tapi it's really good now angka kita," ucapnya saat ditemui di kantor PT , Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Menurut William, untuk saat ini pihaknya fokus pada integrasi dengan beberapa jenis moda perkeretaapian perkotaan modern seperti kereta cepat Jakarta-Bandung dan LRT Jabodebek.

"Jadi, kalau dari Bandung mau ke kawasan sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin itu bisa cepat sekali. Itu nanti kita hitung waktunya karena itu dikatrol dengan integrasi LRT dan MRT," jelasnya.

Namun demikian, ia mengaku akan tetap menyiapkan sejumlah langkah-langkah antisipasi jika terjadi peningkatan penumpang akibat dari adanya perluasan kawasan ganjil genap.

"Iya ini kita antisipasi, makanya saya bilang dengan ini kita akan mencapai angka 100 ribu di akhir tahun dan ini akan terus kita antisipasi," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga akan terus gencar melakukan kampanye guna memastikan masyarakat agar mau beralih dari menggunakan transportasi pribadi ke transportasi publik.

Sebagai informasi, PT memiliki 16 rangkaian kereta, di mana 14 di antaranya untuk dioperasikan dan dua lainnya sebagai cadangan.

Diketahui, satu rangkaian kereta terdiri dari enam gerbong dengan total panjang 120 meter dan setiap gerbong mampu mengangkut 1.950 orang. []

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!