< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

70 Orang Dibebaskan Dalam Pertukaran Tahanan Rusia-Ukraina

Rakyatku

RAKYATKU.COM - Beberapa tahanan berprofil tinggi yang terjebak dalam konflik sengit antara Ukraina dan Rusia, telah dibebaskan dalam pertukaran tahanan.

Pada hari Sabtu (07/09/2019), sebanyak 70 orang (35 dari masing-masing negara) dipulangkan ke negara mereka.

Di antara tahanan yang dibebaskan oleh Rusia adalah sutradara film Ukraina, Oleg Sentsov, yang dituduh mempersiapkan serangan teroris.

Yang lainnya termasuk 24 pelaut Ukraina yang kapalnya disita oleh angkatan laut Rusia tahun lalu di Selat Kerch.

"Neraka telah berakhir. Semua orang masih hidup dan itu adalah hal utama," kata Vyacheslav Zinchenko, salah satu pelaut yang dibebaskan.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy menyambut para tahanan yang dibebaskan ketika mereka turun dari pesawat di bandara Boryspil Kyiv.

Menurut Fox News, sebagian besar mantan tahanan tampak dalam kondisi fisik yang baik.

70 Orang Dibebaskan Dalam Pertukaran Tahanan Rusia-Ukraina
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy, kanan, menyambut para tahanan Ukraina setelah kedatangan mereka di bandara Boryspil, di luar Kyiv, Ukraina, Sabtu, 7 September 2019. (AP)

Sementara itu, para tahanan yang dibebaskan oleh Ukraina termasuk Volodymyr Tsemakh, yang diduga bertanggungjawab atas penembakan pesawat Malaysia MH17 pada tahun 2014, yang menewaskan semua 298 orang di atas pesawat.

Di bandara Vnukovo Moskow, para tahanan yang dibebaskan tetap berada di pesawat selama sekitar 15 menit, karena alasan yang tidak diketahui.

Ketika mereka turun, sebuah bus mengantar mereka ke fasilitas medis untuk diperiksa.

Pertukaran tahanan itu menandai kesepakatan yang dapat membantu memajukan hubungan antara kedua negara, dan mengakhiri 5 tahun pertempuran di timur Ukraina.

Presiden AS, Donald Trump memuji kedua negara, dan menilai bahwa itu mungkin "langkah raksasa pertama menuju perdamaian."

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!