< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Dipermalukan Malaysia, Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy Enggan Cari Alasan

Tribun Kaltim

TRIBUNKALTIM.CO - Pelatih Timnas Indonesia, Simon Mc Menemy, tidak ingin cepat-cepat menyalahkan aksi suporter soal kekalahan timnya dari Timnas Malaysia.

Timnas Indonesia mengalami kekalahan tipis 2-3 dari Timnas Malaysia pada laga pertama Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Kamis (5/9/2019).

//

Dua gol Timnas Indonesia dicetak oleh Alberto Goncalves atau akrab disapa Beto tepatnya pada menit ke-12 dan 39.

Keunggulan Timnas Indonesia pun tidak berlangsung lama, karena Malaysia berhasil membuat tiga gol ke gawang tim asuhan Simon McMenemy tersebut.

Adapun tiga gol Timnas Malaysia dibuat oleh Mohamadou Sumareh menit ke-37 dan menit ke-90+7 serta satu gol dari Syafiq Ahmad menit ke-66.

Timnas Indonesia sempat unggul 2-1 atas Malaysia pada babak pertama.

Namun tim tamu berhasil mengembalikan keadaan dengan mencetak gol pada babak kedua dan masa Injurry Time serta memenangkan laga pertamanya

Pemain Timnas Indonesia Manahati Lestusen berebut bola dengan pemain Timnas Malaysia pada ajang kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (5/9/2019).
Pemain Timnas Indonesia Manahati Lestusen berebut bola dengan pemain Timnas Malaysia pada ajang kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (5/9/2019). (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Kekalahan ini membawa Timnas Indonesia masih berada di dasar klasemen sementara Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Malaysia berada di peringkat pertama.

Namun setelah pertandingan tersebut, sempat terjadi aksi kerusuhan suporter sehingga laga harus ditunda beberapa saat.

Menurut laporan, oknum suporter Timnas Indonesia melakukan penyerangan kepada ratusan suporter timnas Malaysia.

Menanggapi situasi ini Simon McMenemy mengaku tetap santai dan tidak ingin langsung menyalahkan suporter Timnas Indonesia.

Dilansir BolaSport.com dari laman Kompas, Jumat (6/9/2019), pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Malaysia sempat berhenti pada babak kedua akibat kericuhan suporter.

Simon McMenemy sebagai pelatih Timnas Indonesia mengaku tidak bisa mengontrol suporter fan timnya.

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy
Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy (Instagram / @officialpssi)

Menurutnya, insiden kericuhan suporter jangan sampai menjadi pertandingan Timnas Indonesia melawan Malaysia menjadi terganggu.

"Kita tidak boleh mencari alasan. Tidak boleh kita bilang mengganggu pertandingan, karena kedua tim yang terganggu bukan hanya satu tim," kata Simon McMenemy.

"Suporter Indonesia salah satu yang terbaik di dunia, tapi jadi yang terburuk kalau sedang ada masalah," ujar Simon McMenemy.

Jadi Juru Kunci Grup G

Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia telah memainkan dua pertandingan pada Kamis (5/9/2019), yakni Timnas Indonesia vs Malaysia dan Thailand melawan Vietnam.

Laga Thailand melawan Vietnam digelar di Thammasat Stadium, Ban Rangsit, Kamis (5/9/2019) pukul 19.00 WIB.

Pertandingan yang cukup alot berakhir dengan skor 0-0.

Hasil itu membuat Thailand berada di peringkat ketiga dengan satu poin.

Sedangkan Vietnam menempati posisi kedua dengan satu poin.

Sementara Timnas Indonesia menjamu Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (5/9/2019) pukul 19.30 WIB.

Timnas Indonesia kalah melawan Malaysia dengan skor 2-3.

Dua gol Timnas Indonesia dicetak oleh Alberto Goncalves pada menit ke-12 dan 39.

Sedangkan gol timnas Malaysia dicetak oleh Sumareh pada menit ke-37 dan 90+7, Syafiq Ahmad pada menit ke-66.

Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia berada di posisi paling buncit klasemen.

Sedangkan Malaysia memimpin klasemen sementara Grup G dengan tiga poin.

Pemain Timnas Indonesia Stefano Lilipaly berbebut bola dengan pemain Timnas Malaysia pada ajang kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (5/9/2019).
Pemain Timnas Indonesia Stefano Lilipaly berbebut bola dengan pemain Timnas Malaysia pada ajang kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (5/9/2019). (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

(*)

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!