< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Cuma Boleh Selfie, Garuda Larang Penumpang Ambil Foto Dalam Pesawat, Berikut Isi Imbauannya

Tribun Lampung
Cuma Boleh Selfie, Garuda Larang Penumpang Ambil Foto Dalam Pesawat, Berikut Isi Imbauannya

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, JAKARTA - Punya kebiasaan foto-foto dalam pesawat? hati-hati.

Ada aturan baru dikeluarkan maskapai Garuda Indonesia.

Garuda mengimbau penumpang tidak memfoto penumpang lain di dalam pesawat atau mengambil video.

Pihak Garuda Indonesia bisa melaporkan secara hukum, jika ada penumpang yang tidak nyaman difoto penumpang lain di dalam pesawat.

Meski demikian, pengambilan gambar untuk kepentingan pribadi seperti swafoto (selfie) masih diperbolehkan.

Imbauan baru dikeluarkan Garuda ini dengan tujuan untuk menjaga privasi penumpang lain dan keselamatan selama penerbangan.

Selife yang diperbolehkan hanya untuk kepentingan pribadi penumpang di dalam pesawat.

• Kisah Pesawat Milik Garuda Indonesia Dibajak Teroris, Kopassus Turun Tangan

"Penumpang tetap dapat melakukan pengambilan gambar untuk kepentingan pribadi, misalnya melakukan swaphoto selama tidak mengganggu kenyamanan atau merugikan penumpang lain," ujar VP Corporate Secretary Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan dalam keterangan tertulis, Selasa (16/7/2019).

Ikhsan mengatakan, surat edaran berisi imbauan itu dimaksudkan agar penumpang menghormati privasi penumpang lain dan awak pesawat yang sedang bertugas.

Hal itu untuk memastikan seluruh operasi penerbangan Garuda Indonesia sejalan dengan aturan dan perundangan-undangan yang berlaku termasuk UU Penerbangan dan UU ITE, dan UU terkait lainnya.

Menurut dia, Garuda Indonesia mendapat laporan dari penumpang lain yang merasa tidak nyaman dan terganggu dengan adanya pengambilan gambar dan kegiatan dokumentasi tanpa izin sebelumnya dari yang bersangkutan.

Ikhsan mengatakan, pihaknya berkomitmen penuh untuk menjaga privasi seluruh penumpang dan awak pesawat.

"Hal ini juga wujud komitmen Garuda Indonesia terhadap aturan perundang-undangan yang berlaku dan sebagai upaya untuk melindungi hak kenyamanan dan hak privasi seluruh penumpang dalam pesawat," kata Ikhsan Rosan.

Berikut, isi surat imbauan Garuda Indonesia kepada penumpang perihal pengambilan foto dan video.

1. Penumpang diimbau dan dimohon tidak mengambil gambar, baik foto dan video atau mendokumentasikan segala kegiatan di dalam kabin pesawat selama penerbangan.

Tidak mengambil gambar dalam pesawat dimaksudkan untuk menjaga privasi para penumpang dan awak kabin.

2. Menghindarkan komplain dari para penumpang lain atas kegiata pengambilan gambar oleh salah satu penumpang tanpa izin.

3. Imbauan ini dimaksudkan agar seluruh operasi penerbangan Garuda Indonesia comply dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku termasuk UU Penerbangan dan UU ITE, dan UU terkait lainnya.

Selain itu, Garuda Indonesia juga mengeluarkan larangan bagi internal perusahaan untuk mendokumentasikan aktivitas di dalam kabin, terutama untuk awak pesawat.

Menurut Ikhsan, larangan tersebut terkait edukasi dan imbauan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan ketika penumpang akan mengambil gambar di pesawat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Tenang, Garuda Masih Perbolehkan Penumpang Selfie di Pesawat

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!