< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Wagub Sumbar dorong BPR/BPRS bantu UMKM

Elshinta

Elshinta.com - 1.500 masyarakat Kota Padang Sumatera Barat (Sumbar) beserta pegawai Bank Perkreditan Rakyat dan Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPR/BPRS) kabupaten dan kota di Sumbar mengikuti fun walk dalam rangka memeriahkan HUT ke-3 BPR/BPRS.

Kegiatan ini dilepas oleh Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar Nasrul Abit, Sabtu (13/7) pagi di Jalan Batang Marak, Padang. 

"HUT ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. Untuk puncak peringatan tahun ini dilaksanakan di Denpasar, Bali yang melibatkan 100.000 orang yang terdiri dari masyarakat, serta UMKM di bawah binaan BPR/BPRS. Sebelumnya puncak HUT dilaksanakan di Jakarta dan Jawa Timur," kata Ketua Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Sumbar, Sofyan Sara. 

“Rute fun walk hari ini dari sini (jalan batang marak)-GOR-Jalan Raden Saleh dan finish kembali disini,” tambah Syofyan.

Sebelum melepas peserta fun walk, Wagub Sumbar Nasrul Abit dalam sambutannya menyampaikan BPR/BPRS memiliki peran besar dalam memajukan UMKM yang ada di Sumbar. 

“Sekitar 90 persen usaha yang bergerak di Sumbar adalah UMKM, jika BPR/ BPRS bisa berperan lebih lagi, maka kami yakin UMKM di Sumbar akan lebih maju lagi. Kedepan akan saya sampiakan ke Bupati/ Walikota untuk bisa membantu BPR/ BPRS yang tujuan adalah membantu UMKM yang ada didaerah,” ungkapnya, seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Mustafa Ritonga.

Sebagai tulang punggung perekonomian di Sumbar, Nasrul Abit mengatakan harus lebih fokus terhadap UMKM. Hal tersebut bukan hanya dalam segi peminjaman modalnya, tapi juga kecintaan masyarakat terhadap produk lokal itu sendiri.

“Kita ambil contoh saja dalam keseharian, banyak diantara kita yang menggunakan batik, songket dan pakaian yang berasal dari luar Sumbar. Padahal kita punya produksi sendiri, seperti songket Silungkang atau batik tanah liek,” sebutnya.

Kedepan dia mengajak seluruh masyarakat Sumbar untuk dapat menggunakan produk-produk lokal, sehingga akan membuat perekonomian di Sumbar lebih meningkat lagi. 

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!