< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Mantan Gubernur Rio Akui Lakukan Suap untuk Olimpiade 2016

Akurat.co

AKURAT.CO, Mantan Gubernur Rio De Janeiro, , , mengaku membayar suap sebesar dua juta Dollar AS (sekitar Rp 28,2 miliar) untuk memastikan kotanya terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade 2016. Uang tersebut diberikan melalui mantan Presiden Federasi Asosiasi Atletik Internasional (IAAF), .

Pengakuan tersebut disampaikan oleh Cabral dalam persidangan di Rio De Janeiro, Kamis (4/7) waktu setempat. Cabral menyebut ia diperkenalkan oleh penyelenggara utama taruhan (bid) untuk memenangi tuan rumah olimpiade, Arthur Nuzman, kepada Diack.

“Nuzman datang kepada saya dan bilang, Sergio, saya ingin bilang kepadamu bahwa presiden Federasi Atletik Internasional, IAAF, , adalah seseorang yang membuka penerimaan suap,” kata Cabral kepada hakim sebagaimana dipetik dari Reuters.

Menurut Cabral, pembayaran itu dilakukan pada 2009 menjelang keputusan pemenang tuan rumah Olimpiade 2016. Rio De Janeiro akhirnya mengalahkan Madrid, Chicago, dan Tokyo.

“Saya bilang, ‘Nuzman, apa jaminannya?’ Dan dia bilang, ‘biasanya dia (Diack) menjual empat, lima, enam suara. Ada kemungkinan kita tidak bisa melaju ke (pemungutan suara) putaran kedua’,” kata Cabral.

Cabral menyebut bahwa Diack menjamin bisa mendapatkan enam suara untuk 1,5 juta Dollar AS lalu menjanjikan suara lebih jika ada bayaran ekstra sebesar 500 ribu Dollar AS. Menurutnya, Diack mengaku dialah yang akan mengatur pembayaran.

Cabral sendiri sejauh ini mengaku tidak bersalah dalam hal ini. Ia juga sedang dalam masa hukuman selama 200 tahun karena sejumlah kasus korupsi.

Sementara itu, Diack dan putranya, Papa Massata Diack, bulan lalu diharuskan menjalani persidangan di Pengadilan Prancis. Kasusnya adalah dugaan suap untuk menutupi praktik penggunaan doping yang dilakukan oleh sejumlah atlet Rusia.[]

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!