< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Berkenalan Dengan Warung Kopi Tertua di Bandung

Ayobandung
Nuansa bangunan legendaris dari Warung Kopi Purnama (Dok. Jaka Jamalludin Yusuf)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Rasanya belum lengkap jika berjalan atau berkunjung ke Kota Bandung tanpa mencicipi citra rasa kuliner di dalamnya yang masih kental dengan nuansa Bandung zaman dahulu serta menu yang masih sama sejak awal dibukanya tempat tersebut. Seperti Warung Kopi Purnama yang terletak tepat di jantung pusat kota, yakni di Jalan Alkateri No. 22 Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung.

Warung Kopi Purnama sudah ada sejak 1930, dengan nama awal Chang Chong Se yang artinya Silahkan Mencoba. Namun, nama tersebut mengalami perubahan pada 1960-an. Pada masa itu ada kebijakan pemerintah yang mengaharuskan toko-toko memakai nama Indonesia. Pendiri dari warung kopi ini yakni Jong A Tong (generasi ke-1) merupakan orang asli Medan yang merantau ke Bandung.

Dengan tempat yang cukup luas dan dinding yang dipasangi foto-foto Bandung zaman dahulu, Warung Kopi Purnama sangat nyaman untuk dijadikan tempat bersantai sambil meminum kopi. Fasilitas teknologi di toko ini juga sudah diperbarui seperti kedai kopi lainnya, yakni dengan memasang WiFi dan menyediakan beberapa colokan listrik. Meski demikian, di warung kopi ini masih sangat jarang terlihat pengunjung muda yang membawa laptop.

Menu favorit yang menjadi andalan dan banyak diminati di tempat ini yakni roti dengan selai srikayanya yang merupakan menu lama yang masih eksis sejak awal bedirinya tempat ini. Untuk harganya dibandrol mulai dengan Rp. 13.000 – Rp.25.000 tergantung selera kita yang ingin dibakar maupun dikukus. Selain itu, terdapat juga menu makanan berat seperti nasi goring, mie rebus, soto . dan nasi timbel dengan harga mulai dari Rp.15.000 – Rp. 40.000.

Untuk minumannya sendiri ada Kopi, Teh, Susu, Lemon Jeruk, Cingcaw dan Kolang Kaleng. Untuk medapatkannya, minuman tersebut dibandrol dari harga Rp. 9.000 – Rp. 25.000 tergantung selera apa yang kita inginkan. Selain itu, jam operasional dari tempat ini yakni dimulai pada pukul 06.30 – 22.00 WIB.

“Saya suka dengan roti selainya, maka sesekali suka mampir kesini sama dua orang ini” ujar Ridha kepada AyoBandung pada Minggu (15/62019) sembari tersenyum dan menunjuk kedua temannya.

Lain dengan Ridha, temannya Lisna menuturkan bahwa “Kalo saya lebih suka fotonya buat stock foto dan update di Instagram biar keliatan lagi jalan” sembari tertawa dan memperlihatkan hasil fotonya di dalam tempat ini.

Dengan suasana dan fasilitas yang disajikan cukup menarik dan masih kental dengan nuansa jaman dahulunya maka tidak heran jika datang ketempat ini banyak dikunjungi oleh kaum bapak dan emak, orang dewasa, bahkan turis mancanegarapun kerap datang kesini. Bagi kalian yang tertarik meminum kopi dengan ketenangan seperti zaman dahulu, makatempat ini sangat cocok untuk dikunjungi. (Jaka Jamalludin Yusuf)

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!