< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

9 Ilustrator Perempuan Indonesia yang Karyanya Unik dan Keren

Hitsss

Ilustrasi merupakan sebuah karya seni yang sangat dibutuhkan dan bisa diterapkan di berbagai medium. Tidak hanya untuk buku, tapi juga bisa diaplikasikan di produk-produk lain seperti kaus, tas dan lain sebagainya. Ada banyak ilustrator di Indonesia yang karyanya mengagumkan dan bisa kamu pelajari. Siapa tahu, kamu juga kelak bisa jadi ilustrator keren seperti mereka. Berikut ini 9 ilustrator perempuan Indonesia yang gambarnya unik dan keren. Kamu wajib follow akun Instagram mereka, nih!

1. Puty Puar

Foto: Instagram @byputy
Foto: Instagram @byputy

Pemilik akun instagram @byputy ini belum lama meluncurkan bukunya yang berjudul Happiness is Homemade. Buku yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka ini berisi tentang pemikiran Puty Puar mengenai hal-hal sederhana namun mendalam tentang kehidupan yang ia tuangkan melalui cerita dan ilustrasi. Puty mencoba menawarkan inspirasi dari berbagai sumber kebahagiaan.

Pemilik blog told.byputy.com ini juga akan membuat buku terbarunya yang berjudul Komik Persatuan Ibu-Ibu. Buku ini dibuatnya karena merasa bahwa kaum ibu-ibu memiliki suka duka yang kurang lebih sama dalam menjalani perannya. Ia sering mengunggah gambar-gambar di Instagram yang dekat dengan keseharian ibu-ibu muda.

2. Dinda Puspitasari

Foto: Instagram @dindaps
Foto: Instagram @dindaps

Kamu tahu buku #88LoveLife? Buku yang colorful ini merupakan kolaborasi antara Diana Rikasari dan Dinda Puspitasari. Dinda yang membuat ilustrasi menarik untuk buku ini. Selain untuk buku tersebut, ia juga sering mendapat kerja sama dengan berbagai brand dan mengisi workshop ilustrasi khususnya ilustrasi fashion. Beberapa waktu lalu ia sempat membuat ilustrasi untuk Ted Baker sebagai bagian dari acara pembukaan tokonya di Plaza Indonesia. Cek instagramnya di @dindaps untuk melihat karya-karyanya dan dapatkan inspirasi dari sana, karena di akun instagramnya Dinda sering mengunggah proses berkaryanya juga, lho!

3. Ditta Amelia Saraswati

Foto: Instagram @helloditta
Foto: Instagram @helloditta

Kamu bisa menemukan gambar Ditta di edisi spesial novel remaja berjudul Geez & Ann yang ditulis oleh Rintik Sedu. Untuk project yang satu ini masih dalam proses. Perempuan kelahiran 20 Juli 1995 ini juga kreator komik romance berjudul Blue Serenade yang tayang di Ciayo Comics, sebuah platform komik digital yang berisi karya-karya komikus Indonesia. Kamu bisa lihat karyanya lebih lanjut di Instagram @helloditta.

Next: Renata Owen

4. Renata Owen

Foto: www.renataowen.com
Foto: www.renataowen.com

Renata Owen memulai karirnya sebagai ilustrator freelance sejak tahun 2013. Kliennya banyak yang berasal dari perusahaan multinasional. Gaya ilustrasi seniman digital kelahiran 1991 ini memperlihatkan detail yang rinci dan palet warna yang indah, terkadang juga terkesan dreamy. Ia yang merancang sampul buku Dru dan Kisah Lima Kerajaan yang ditulis oleh Clara Ng. Jika ingin melihat karya-karya Renata yang lain kamu bisa mengunjungi website pribadinya di www.renataowen.com.

5. Lala Bohang

Karya Lala Bohang "You Jump, I'm Going Home" (2014). Foto: www.lalabohang.com.
Karya Lala Bohang “You Jump, I’m Going Home” (2014). Foto: www.lalabohang.com.

Karakteristik gambar Lala Bohang bisa kamu temui di buku The Book of Forbidden Feelings (2016). Gambar-gambarnya yang menyiratkan  kepedihan, terasa begitu gloomy. Berisi prosa yang ia tulis, buku ini dilengkapi dengan ilustrasi yang begitu mendukung perasaan-perasaan yang berhubungan dengan sakit hati, hingga kekosongan. Beragam ekspresi dari hal-hal yang painful, bisa dinikmati di buku ini.

6. Diela Maharanie

Foto: Instagram @dielamaharanie
Foto: Instagram @dielamaharanie

Awalnya, Diela berprofesi sebagai akuntan, tapi karena memang senang menggambar, Diela pun memutuskan untuk menjadi seniman professional. Yang menjadi ciri dari ilustrasinya adalah menampilkan sosok perempuan, penuh warna dan pola. Cerah, ceria dan berani. Kesegaran dari karyanya ini yang menjadi daya tarik. Tidak hanya di dalam negeri, karya Diela juga telah merambah ke manca negara. Seperti salah satunya ia pernah ikut pameran seni ilustrasi South East South West (SESW) di Austin, Amerika Serikat pada tahun 2010. Project terbaru Diela bisa kamu lihat di sebuah sofa hasil kolaborasinya dengan Fabelio.com.

Next: Taqqiya Najiatullah

7. Taqqiya Najiatullah

Foto: Instagram @taqiyyanajia
Foto: Instagram @taqiyyanajia

Desainer grafis dan illustrator asal Malang ini punya kekhasan membuat ilustrasi yang heart warming. Gambarnya begitu playful, cocok untuk ilustrasi di buku-buku dongeng anak. Garis dan warna-warna lembut membuat tampilan gambarnya begitu manis. Kamu bisa cek karya-karyanya di akun Instagramnya @taqiyyanajia

8. Naela Ali

Foto: Instagram @naelaali
Foto: Instagram @naelaali

Selain membuat artbook berjudul Things & Thoughts I Drew dan Stories for Rainy Days, Naela Ali juga punya brand bernama Asobi, yang berisi barang-barang dengan ilustrasi bertema budaya Jepang dan kucing. Karya-karya yang ada di buku dan Asobi memiliki ciri yang khas Naela, kalem dan simple, baik dari segi goresan garis dan warnanya.

9. Lidia Puspita

lidia2

Lidia Puspita memiliki gaya yang juga tidak kalah unik. Dunia imajinernya terasa sedikit surealis, tapi dengan warna-warna cerah yang ceria. Ia pernah membuat ilustrasi seorang perempuan yang membawa ransel berbentuk rumah juga seseorang yang berenang memakai pelampungnya di atas kolam buah semangka. Unik dan kreatif, ya!

Masih banyak lagi ilustrator kreatif di Indonesia yang bisa kamu lihat karya-karyanya di media sosial. Beberapa dari mereka tidak segan-segan berbagi bukan hanya hasil karyanya tapi juga proses kreatifnya. Kamu jadi bisa belajar banyak dari mereka. Semoga kamu terinpirasi ya, Hitsssters!

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!