< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Menristekdikti lantik Direktur Polimedia Kreatif dan pejabat Kopertis

Elshinta

“Jabatan adalah suatu amanah, oleh karena itu hendaknya dilaksananakan dengan sebaik-baiknya. Langkah ini mungkin akan sulit karena tantangan di masa yang akan datang akan jauh lebih berat lagi.”

Hal tersebut dikatakan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir saat melantik Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Pejabat Kantor Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) di Auditorium Utama Gedung Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (15/1) seperti dilaporkan kontributor Elshinta, Ingrid Veronica.

Mohamad Nasir juga mengingatkan Direktur Perguruan Tinggi dan Koordinator Kopertis, bahwa saat ini adalah era revolusi industri yang keempat, di mana teknologi informasi berkembang sangat pesat. “Perguruan tinggi harus ditingkatkan kualitasnya menjadi lebih baik. Harus berkoordinasi, bersinergi yang baik,” ujar Mohamad Nasir.

Pejabat yang baru dilantik yakni, Purnomo Ananto sebagai Direktur Politeknik Negeri Media Kreatif, Jasrudin sebagai Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Yandi sebagai Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah X Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau dan Muhammad Akbar sebagai Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah XI Kalimantan.

Pelantikan ini juga dihadiri Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na’im, Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Patdono Suwignjo dan Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Intan Ahmad.

Dalam keterangannya, Purnomo Ananto Selaku Direktur Politeknik Negeri Media Kreatif, menilai revolusi industri keempat atau disebut Revolusi Industri 4.0 yang disampaikan Menristekdikti sesuai dengan visi Polimedia Kreatif, yaitu menjadi lembaga pendidikan tinggi vokasi terkemuka dan unggul di bidang industri kreatif.

Menurutnya, Revolusi Industri 4.0 merupakan upaya transformasi untuk meningkatkan efesiensi pada setiap rantai nilai dengan mengintegrasikan kemampuan digital dan lini produksi di industri yang mengacu pada peningkatan otomatisasi, komunikasi machine to machine dan human-to-machine, articifial intellegence, dan pengembangan teknologi berkelanjutan pada industri.

Purnomo meyakini pendidikan dan keterampilan merupakan hal penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Ia bertekad menciptakan seluruh sivitas akademika Polimedia Kreatif menjadi komponen penting dalam pengembangan SDM yang berkualitas selain sarana dan prasarana penunjang pembelajaran.

Implementasi Revolusi Industri 4.0 yang membutuhkan keterampilan baru menjadi suatu keharusan yang tidak dapat hindari jika ingin menghasilkan SDM dengan kompetensi yang sesuai dengan pengembangan teknologi.

Untuk mewujudkan visi dan misinya, Purnomo telah menyiapkan 9 program yakni bidang akademik, penelitian, pengabdian pada masyarakat, kemahasiswaan, pengelolan SDM, pengelolaan/ tata kelola, sarana prasarana/ aset, kelembagaan dan bidang kerjasama, selain mengupayakan Kampus Program Studi di Luar Domisili di Medan dan Makassar secepatnya menjadi PTNB.

Purnomo juga bertekad menggalakkan inovasi, kreativitas, dan entrepreneurship untuk mendorong terciptanya lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi. Polimedia Kreatif akan fokus mengembangkan pendidikan vokasi untuk menjadi institusi pendidikan yang melahirkan SDM yang memiliki kompetensi di bidangnya (Industri kreatif) yang menjadi syarat mutlak terwujudnya industri kreatif yang mandiri dan berdaya saing.

Bersama Polimedia Kreatif, Purnomo berjanji akan bekerja keras dan bekerja cerdas melalui penguatan kelembagaan, pemapanan status Polimedia Kreatif dari PTN Satker menjadi PTN BLU serta meningkatkan kapasitas organisasi (Sumber daya dan Manajemen) agar mampu memenangkan persaingan.

Menurutnya, langkah ini penting mengingat Indonesia membutuhkan waktu 45 tahun untuk mengejar ketertinggalan di bidang pendidikan, dan 75 tahun untuk mengejar ketertinggalan di bidang ilmu pengetahuan (hasil riset Bank Dunia yang dirilis pada Oktober 2017).

Rencananya, tanggal 19 Januari 2018 para wakil direktur dan pejabat Polimedia Kreatif yang baru dilantik dan diambil sumpahnya di Kampus Politenik Negeri Media Kreatif, Jakarta Selatan, setelah mengikuti Rakernas Ristekdikti di Medan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta. REDAKSI-WiS
LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!