< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Film Bollywood Tidak Melulu Tentang Cinta, 2 Film Bertema Pendidikan Ini Buktinya

Harianbernas
Taare Zameen Par (Sumber foto: http://data1[dot]ibtimes[dot]co[dot]in)

Bernas.id – Bicara tentang film bollywood pasti tidak bisa lepas dengan tarian, nyanyian, dan kisah cinta yang sering ditampilkan sebagai kisah utamanya. Tarian dan nyanyian memang adalah menu wajib yang selalu ada di semua film bollywood.

Kisah cinta juga seakan lebih banyak mewarnai film-film bollywood. Sampai-sampai saat bicara film bollywood yang muncul dalam benak kita adalah film-film yang menawarkan kisah cinta dengan beragam konfliknya.

Jangan salah, ternyata film bollywod tidak melulu soal kisah asmara yang mengharu biru loh. Ada juga film yang mengangkat kisah dunia pendidikan. Bahkan kisah yang diangkat sangat inspiratif. Dua film bollywood ini buktinya.

  1. Taare Zameen Par (2007)

Film pendidikan ini diperankan, disutradarai, dan diproduseri oleh aktor bollywood  Aamir Khan. Taare Zameen Par mendapat sambutan positif tidak hanya di India, namun juga dunia. Film yang rilis tahun 2007 ini juga mendapat berbagai penghargaan. Total sebanyak 19 penghargaan dianugerahkan pada film ini.

Pada tahun 2008, film ini dianugerahi penghargaan Filmfare untuk film terbaik, sutradara terbaik, dan cerita terbaik. Selain tiga penghargaan tersebut, baik cerita maupun aktor dalam film ini juga dianugerahi berbagai penghargaan lainnya.

Taare Zameen Par sangat mengispirasi banyak orang terutama dalam hal pendidikan. Disajikan dengan apik bagaimana cara menangani anak yang menderita disleksia. Secara tidak langsung, film ini memberi tahu bahwa anak yang mengalami disleksia bukanlah anak yang bodoh. Yang dibutuhkan untuk menangani disleksia adalah penanganan dan pengajaran yang telaten dan dengan cara yang menyenangkan.

Film ini menceritakan seorang anak berusia delapan tahun yang menderita disleksia bernama Ihsan. Ihsan dianggap sebagai anak yang bodoh, bandel, suka berbohong, suka membolos, dan pemalas. Dibalik itu semua ternyata Ihsan memilki imajinasi yang luar biasa. Ia memiliki bakat melukis yang sangat menakjubkan.

2. 3 Idiots

Film yang banyak menginspirasi dan menghibur ini lagi-lagi diperankan oleh Aamir Khan. Film yang rilis tahun 2009 ini sangat sukses dan banyak menerima penghargaan. Dilansir dari petelagi.com sukses mengumpulkan sekitar 39 penghargaan dan nominasi. Diantaranya, lima penghargaan Filmfare Awards dan tiga dari ajang National Film Awards.

Selain itu, 3 Idiots juga merupakan salah satu film bollywood terlaris sepanjang masa dengan pendapatan mencapai 85 juta dolar AS.

Tidak heran dengan semua pencapaian film ini karena memang banyak pesan moral yang bisa dipetik. Film ini menyampaikan bahwa keberhasilan belajar bukan sebatas nilai yang tertera di ijazah. Namun yang paling terpenting adalah pemahaman materi pembelajaran, bukan menghapalkan materi.

Film ini juga mengajarakan kepada kita untuk berani mengatakan apa cita-cita kita sebenarnya. Dan jadilah orang yang bekerja dengan hati sesuai keinginan, bukan paksaan.

Film 3 Idiots menceritakan tiga orang sahabat yakni Rancho, Farhan Qureshi, dan Raju Rastogi. Tiga sahabat yang selalu bertingkah konyol semasa kuliah. Tindakan tiga sahabat ini membuat pihak kampus geram, terutama Profesor Viru. Sampai-sampai Viru menggunakan berbagai cara agar ketiga sahabat itu tidak akan pernah lulus dari kampus elit tersebut. Sayangnya, apapun yang dilakukan Viru selalu gagal. Akhirnya mereka bisa lulus.

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!

Komentar Teratas

Kunjungi app